Lanal Banjarmasin Tangkap Kapal BBM Ilegal

Penangkapan Kapal pengangkut BBM Ilegal jenis solat. Ahmad Fauzie/ Rel(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com-Diduga salah satu penyebab kelangkaan BBM bersubsidi di sejumlah wilayah di Indonesia bisa disebabkan oleh ulah beberapa orang yang berbuat curang. Hal ini terbukti setelah operasi TNI Angkatan Laut perketat melakukan pengawasan kapal-kapal yang melintas di wilayah perairan Indonesia.

Kolonel Laut (P) Herbiyantko selaku Danlanal Banjarmasin saat memberikan keterangan pers.(ist)Ahmad Fauzie/ Rel(kalselpos.com)

Sejurus dengan hal itu,pada hari Kamis (11-08-2022) pukul 14.30 Wib, Satgas Intel Dispamsanal – Mandau l.22 bekerjasama dengan Lanal (Pangkalan TNI Angkatan Laut) Banjarmasin telah menangkap dua kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) ilegal jenis solar.

Bacaan Lainnya

Kedua kapal tersebut adalah KM. Berkat Hidayah Putri dan KM. Berkat Usaha di sungai Kahayan Kelurahan Mambulau Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah pada titik koordinat 03º01’53.8″s – 114º23’26.5″ e.

“Saat dilaksanakan penangkapan kedua kapal tersebut akan berlayar dari SPBB Hajjah Aisyah Huri menuju desa Pujon Kapuas dengan muatan masing masing 97 drum atau sekitar 19 ton solar bersubsidi,” sebut Kolonel Laut (P) Herbiyantko selaku Danlanal Banjarmasin.

Data sementara KM Berkat Hidayah
Putri dengan nahkoda atas nama Muhammad Mansyur usia 28 tahun dengan dua orang ABK dan KM. Berkat Usaha dengan nahkoda atas nama Khairi usia 40 tahun dengan dua ABK.

Kesalahan awal kedua kapal adalah tanda selar tidak ada, tidak memiliki D-O dari Pertamina, kapal tidak standar Pertamina untuk angkutan BBM serta tidak memiliki ijin trasportir.

Dugaan BBM subsidi jenis HSD diperjualbelikan di atas ketentuan dan dikirim ke lokasi penambangan liar di wilayah Kecamatan Pujon, Kab. Kapuas Kalteng dengan sarana kapal kayu tanpa ijin resmi untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Saat ini kapal dilegokan dan nakoda kapal sedang dalam pemeriksaan untuk pendalaman lanjutan oleh pihak Lanal Banjarmasin.

Kesigapan Personel TNI AL dalam melakukan penangkapan penyelundupan BBM ilegal ini, tidak terlepas dari perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yang berulang kali ditegaskan agar seluruh unsur TNI AL melaksanakan pengamanan dan pengawasan terhadap segala bentuk pelanggaran di wilayah perairan Indonesia.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait