Menjanjikan, Petani Milenial HSS Dulang Keuntungan Budidaya Pepaya California

PANEN- Bupati HSS Achmad Fikry panen buah pepaya di Desa Telaga Langsat.(Sofan)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com– Memaksimalkan sektor pertanian, sorang milenial warga Desa Telaga Langsat, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) berhasil membudidayakan pepaya varietas California BP 9 dengan luas lahan sekitar 10 borongan.

Tanaman pepaya varietas California merupakan salah-satu jenis pepaya yang digandrungi, dan mulai dikembangkan oleh petani saat ini, karena sangat menjanjikan keuntungannya.

Bacaan Lainnya

“Empat kali panen dalam sebulan keuntungan bisa mendapat Rp 6 juta sampat Rp7,5 juta. Itu hanya hasil panen perdana, kalau sudah lama akan lebih banyak lagi hasilnya,” ujar petani milenial, Desa Telaga Langsat, Yandi Aulia Rahman, Rabu (22/6).

Dikatakannya, keberhasilan membudayakan pepaya awalnya tidak lepas dari lingkungan dan orang tua yang juga sebagai petani, sehingga tumbuh dalam jiwa untuk membangun dunia pertanian.

“Alhamdulillah dalam membangun dunia pertanian ini berimbas pada petani yang muda-muda di Desa Telaga Langsat. Insya Allah regenerasi petani di Desa Telaga Langsat ke depan aman, karena sudah terus dari yang tua hingga yang muda-muda,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain membudidayakan pepaya juga ada tanam cabe rawit, pare, gambas, lembu madu, dan semangka, jeruk lemon, jeruk madu, jambu kristal dan alpukat. “Yang sudah mulai panen pepaya, semangka dan cabe rawit,” ujarnya.

Untuk pemasaran, kata dia, karena ini hal baru sendiri, maka hasil produksi panen maka masih dijual sendiri di outlet dan dikirim ke Kabupaten Tapin dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS, Muhammad Noor, mengatakan ketertarikan petani milenial di Desa Telaga Langsat tumbuh dari orang tua mereka yang sebagai petani, sehingga regenerasi bisa terus berjalan.

Menurutnya, dunia pertanian ini tidak kalah dengan dunia usaha lain, karena banyak sekali komoditas- komoditas yang bisa menguntungkan jika dikelola dengan serius, sehingga dapat mendulang keuntungan yang sangat menjanjikan.

Dikatakannya, untuk mendukung dunia pertanian agar terus berkembang, Dinas Pertanian Kabupaten HSS melalui penyuluh pertanian memberikan pendampingan. “Kita juga memberikan sarana dan prasaran, jaringan irigasi dan pengolahan tanan, serta pemberian bibit,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, setelah melihat langsung kebun pepaya yang dikelola oleh petani milenial di Desa Telaga Langsat, memang sangat menjanjikan yang dikelola dengan baik.

“Dari hasil diskusi dengan petani milenial hasilnya sangat menguntungkan, yang melalui pemeliharaan yang telaten,” ujar Bupati Fikry.

Dikatakan bupati, dalam pembudidayaan pepaya varietas California ini, tidak tergantung dengan orang yang menggunakan pupuk kandang ternak ayam sendiri. “Melalui budidaya ini, kebutuhan pepaya di Kabupaten HSS akan terpenuhi,” ujar Bupati Fikry.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait