Bina Eks Warga Binaan Dengan Beternak

Penandatangan MoU anatar Kelompok Maju Bersama dan Lapas Amuntai terkait pembinaan eks warga binaan.(dillah)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Ketua Kelompok Ternak Maju Bersama dan Kepala Bapas Amuntai melakukan penandatangan bersama yang tertuang dalam Memorandum Of Understanding (MoU) terkait pembinaan kemandirian pertanian bidang peternakan bagi kaum Millenial eks warga binaan. Rabu, (09/06).

Turut hadir dalam penandatangan MoU ini, Camat Binuang, Eko Haryono, Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati MSI dan Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Tapin, Drh Tri Asmoro.
Kepala Bapas Amuntai, Suwarso mengatakan, warga binaan pemasyarakatan sebagai subjek sekaligus objek merupakan sasaran pembinaan, petugas sebagai pelaksana dan masyarakat sebagai unsur pendukung.

Bacaan Lainnya

“Ketiga unsur ini harus bisa bersinergi demi suksesnya pemasyarakat. Terkait hal tersebut kami dari Ditjen pemasyarakatan Pokmas Lipas dengan maksud dan tujuan agar ada sinergi antara masyarakat dan pemerintah,” jelasnya.

Suwarso mengatakan dengan terbentuknya kelompok masyarakat peduli pemasyarakat (Pokmas Lipas) di bidang kemandirian peternakan diharapkan dapat menyalurkan bakat eks warga binaan di kabupaten Tapin.

 

“Bakat eks warga binaan ini ke depan nantinya dapat disalurkan untuk dibina dalam bentuk pelatihan-pelatihan bersama Pokmas Lipas kelompok ternak maju bersama,” jelasnya.

 

Sementara Ketua Kelompok Ternak Maju Bersama, Maulana Akbar berharap dengan adanya kerjasama dengan Bapas Amuntai dapat menjadikan kaum milenial terutama eks warga binaan bisa menjadi orang yang lebih baik.

 

“Kita mencoba berinovasi untuk membina mereka menjadi lebih baik khususnya di sektor peternakan dan pertanian, “ ujarnya.

Lanjut Maulan bahwa Merika mengikuti Latihan diajarkan seperti manajemen pakan, manajemen kandang dan manajemen produk turunan.

“Mudah-mudahan Kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan eks swarga binaan benar-benar mengikuti pembinaan untuk menjadi lebih baik dapat mengerjakan hal-hal positif tanpa kembali ke pekerjaan asalnya,” katanya.

Untuk diketahui, kelompok ternak Maju Bersama merupakan Binaan desa Pulau Pinang, Dinas Pertanian Tapin, Dinas PMD Tapin dan Dinas PMD Provinsi Kalsel, yang usahanya didirikan sejak tahun 2018 dan pada tahun 2022 bertransformasi menjadi P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya) Muda Berkarya dan sudah terbukti menghasilkan dan berdaya guna.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait