TUMBUHAN PURUN SULIT DIJUMPAI

MARABAHAN, kalselpos.com – TUMBUHAN PURUN MERUPAKAN JENIS TUMBUHAN LIAR YANG BIASANYA TUMBUH DI DAERAH DATARAN RENDAH SEPERTI DI LAHAN HUTAN GALAM ATAU LAHAN PERTANIAN, TUMBUHAN INI BIASANYA DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT BERBAGAI KERAJINAN ANYAMAN SEPERTI BAKUL, TIKAR, TOPI, TAS, DAN BERBAGAI KERAJINAN LAINNYA.

KERAJINAN ANYAMAN PURUN BIASANYA DITEKUNI OLEH KAUM IBU-IBU, SEPERTI DI KABUPATEN BARITO KUALA, BATOLA INI, MENGANYAM TUMBUHAN PURUN MENJADI KERAJINAN MERUPAKAN KEGIATAN YANG BIASA MEREKA LAKUKAN SEHARI-HARI, UNTUK MENAMBAH PENGHASILAN SELAIN BERTANI.

Bacaan Lainnya

NAMUN SAYANGNYA KINI JUMLAH PENGRAJIN AYAMAN PURUN, SUDAH MULAI BERKURANG, HAL INI LANTARAN BAHAN BAKU UNTUK MEMBUAT KERAJINAN TERSEBUT, YAKNI TUMBUHAN PURUN SUDAH MULAI SULIT DI JUMPAI, SULITNYA MENDAPATKAN TUMBUHAN PURUN KARENA DISEBABKAN BERBAGAI FAKTOR, SEPERTI ADANYA ALIH FUNGSI LAHAN MENJADI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DAN JUGA AKIBAT KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN.

SELAIN ITU, MESKI SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUAT KERAJINAN, NAMUN TUMBUHAN PURUN JUGA TIDAK PERNAH DILESTARIKAN OLEH MASYARAKAT, SEHINGGA, DISAAT TUMBUHAN PURUN SUDAH SULIT DIJUMPAI, MASYAKAT AKHIRNYA TIDAK DAPAT MEMBUAT KERAJINAN.

SALAH SEORANG PENGRAJIN ANYAMAN PURUN, MASLIAN, MENGATAKAN, DULUNYA DI DAERAHNYA BANYAK YANG MENEKUNI KEGIATAN KERAJIANAN ANYAMAN PURUN DAN SEMPAT MEMILIKI MESIN PENUMBUK PURUN, NAMUN KINI TIDAK ADA LAGI SEIRING KURANGNYA PENGARJIN PURUN DAN SULITNYA TUMBUHAN PURUN DIDAPATI.

KERAJINAN ANYAMAN PURUN BUKANLAH SEKEDAR PEKERJAAN PENAMBAH PENGHASILAN, BAGI PARA PETANI DISELA WAKTU MEREKA. KERAJINAN INI SUDAH TURUN TEMURUN DILAKUKAN SEJAK ZAMAN DULU, SEHINGGA SUDAH TERMASUK DALAM KATEGORI KEARIFAN BUDAYA LOKAL. MELESTARIKAN KERAJINAN INI MEMANG HARUS DILAKUKAN, AGAR BISA KEMBALI DIWARISKAN KEPADA PARA PENERUS MASA DEPAN.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.