Pemkab HSU Raih Predikat B SAKIP dari Kemenpan-RB

Plt Bupati bersama pejabat di Pemerintah Kabupaten HSU mengikuti penyerahan penghargaan SAKIP dan RB award 2021 yang diadakan oleh Kemenpan-RB secara virtual. (diskominfo)(kalselpos.com

Amuntai, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berhasil meraih Predikat B pada penghargaan SAKIP dan RB tahun 2021.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (Kemenpan-RB) RI, kembali memberi apresiasi berupa penghargaan kepada sejumlah instansi pemerintah terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2021.

Bacaan Lainnya

13 kabupaten/ kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima penghargaan SAKIP dan RB tahun 2021 dari pemerintah pusat. Salah satunya Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) meraih SAKIP dengan predikat B, sedangkan untuk RB predikat CC.

Penghargaan tersebut diketahui, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati HSU Husairi Abdi beserta jajaran saat menghadiri penyerahan penghargaan SAKIP dan RB award 2021 yang diadakan oleh Kemenpan-RB secara virtual, Selasa (5/4).

Dalam sambutannya Sekretaris Kementerian PAN RB RI Rini Widyantini mengatakan, transformasi dalam reformasi dan birokrasi sangat diperlukan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

Mewujudkan sistem tata kelola pemerintah yang baik, menurutnya diperlukan komitmen nyata dan perbaikan berkesinambungan pada berbagai aspek tata kelola pemerintah.

“Ini terlihat semakin meningkatnya jumlah pemerintah daerah yang menyampaikan hasil penilaian mandiri pelaksanaan reformasi dan birokrasi kepada Menpan-RB pada tahun 2021,” ucap Rini.

Lebih lanjut, berdasarkan Permenpan-RB Nomor 88 Tahun 2021 tentang evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan Permenpan-RB Nomor 89 Tahun 2021 tentang penjenjangan kinerja instansi pemerintah. kedua peraturan itu dibuat agar pedoman terkait evaluasi implementasi SAKIP lebih jelas mudah dipahami semua instansi pemerintah.

“Hasil evaluasi reformasi dan birokrasi serta SAKIP 2021 ini secara nasional, menunjukkan tendensi hasil yang positif,” katanya.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota yang telah konsisten melakukan berbagai perbaikan sehingga mendapatkan predikat, B, BB, A dan AA.

Sementara pemerintah provinsi, kabupaten/ kota yang masih mendapatkan predikat C dan CC, dirinya mengajak para gubernur, bupati/walikota dan sekretaris daerah untuk fokus memberikan kinerja yang berdampak signifikan ke masyarakat.

“Hakikatnya (award) SAKIP dan RB ini ditujukan untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Sekurangnya 22.000 instansi pemerintahan yang menjadi evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan birokrasi reformasi, diantaranya 79 lembaga dan kementerian, 34 pemerintah provinsi dan 508 pemerintah kabupaten/ kota.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait