Amerika Jual 280 Rudal ke Arab Saudi

Ilsutrasi rudal.(ist/net)(kalselpos.com)

kalselpos.com– Pentagon mengungkapkan
pemerintahan Joe Biden menyetujui penjualan 280 rudal udara-ke-udara AIM-120C ke Arab Saudi senilai 650 juta dolar AS (Rp9,3 triliun),

Pentagon memberi tahu Kongres tentang penjualan itu pada Kamis (4/11). Raytheon Technologies membuat rudal tersebut.

Bacaan Lainnya

Anggota parlemen AS sebelumnya mengkritik Arab Saudi atas keterlibatannya dalam perang di Yaman, konflik yang dianggap sebagai salah satu bencana kemanusiaan terburuk di dunia.

Anggota parlemen AS juga menolak untuk menyetujui penjualan komoditas militer untuk kerajaan tanpa jaminan peralatan AS tidak akan digunakan untuk membunuh warga sipil.

Jika disetujui oleh Kongres, hal itu akan menjadi penjualan besar  komoditas militer asing pertama ke Arab Saudi sejak Presiden AS Joe Biden menjabat.

Departemen Luar Negeri menyetujui penjualan rudal itu pada 26 Oktober, kata seorang juru bicara, menambahkan bahwa penjualan rudal udara-ke-udara terjadi setelah “peningkatan serangan lintas perbatasan terhadap Arab Saudi selama setahun terakhir.”

Penjualan itu “sepenuhnya konsisten dengan janji pemerintah untuk memimpin dengan diplomasi untuk mengakhiri konflik di Yaman,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

Pos terkait