Dirjen Perhubungan Laut Launching KM Sabuk Nusantara lll Rute Kalsel – Kaltim

  • Whatsapp
Launching KM Sabuk Nusantara 111 di Pangkalan Stagen Kotabaru.(kristiawan)(kalselpos.com)

KOTABARU, kalselpos.com – Peluncuran Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara lll yang merupakan kapal perintis, resmi di launching oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI di Pangkalan Stagen, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kapal berkapasitas penumpang 400 lebih dilauncing di Pelabuhan Stagen Kotabaru, pada Jumat, (22/10) dengan rute Kotabaru – Tanjung Samalantakan – Grogot (Kaltim) dan Balikpapan (Kaltim).

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru, Said Ahmad SH mengatakan, mewakili Pemerintah Daerah Kotabaru sangat berterimakasih atas layanan dan fasilitas sarana transportasi laut oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan RI.

“Tanjung Samalantakan merupakan salah satu daerah yang cukup terisolir di wilayah Kabupaten Kotabaru. Namun, dengan adanya KM Sabuk Nusantara 111 akan lebih terlayani apalagi kapal tersebut menembus rute ke daerah Kaltim seperti Kabupaten Grogot dan Kota Balikpapan,” ujar Sekda Kotabaru.

Diharapkan Said Ahmad, kedepan akan membawa perubahan secara ekonomi kepada masyarakat Kotabaru (Kalsel) dan daerah lainnya di Kaltim yang menjadi sasaran rute pelayanan kapal perintis ini.

Sementara itu, Capt. Mugen S Sartoto selaku Direktur Lalulintas Angkutan Laut Ditjen Hubla yang telah mewakili Dirjen Perhubungan Laut menegaskan, bahwasanya keberadaan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111 merupakan implementasi dari Negara Kemaritiman.

“Yang jelas kami, pihak pemerintah tentunya akan selalu hadir sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada di wilayah Kepulauan Republik Indonesia,” kata Mugen.

Dijelaskan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas lll Kotabaru-Batulicin, Agus Sularto MM, kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111 ini untuk harga tiketnya sangat ekonomis.

Untuk Setiap tripenya, hanya bertarif Rp5000 bagi penumpang ekonomi, dan untuk penumpang Kelas 1 dengan harga Rp19.500 nilai ini sangat ekonomis.

“Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik dan lancar progres layanan ini dan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” tutur Agus Sularto.

Pada Launcing KM Sabuk Nusantara 111 dihadiri oleh Pemrov Kalsel, Wakil Ketua DPRD Prov Kalsel, Kapolres Kotabaru, Dandim Kotabaru, Danlanal Kotabaru-Batulicin, Dinas Perhubungan Tanah Bumbu, Kepala KSOP Banjarmasin, Kepala KSOP Grogot dan Balikpapan.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.