36 Wartawan Ikuti Uji Kompetensi PWI Kalsel

  • Whatsapp
Keseriusan sejumlah wartawan yang sedang mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar.(Jaelani Hasan)(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Sebanyak 36 wartawan dari berbagai media online, media cetak dan media elektronik yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XIII yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel di gedung PWI, Jalan Benua Anyar, Banjarmasin.

Acara yang berlangsung selama dua hari, yakni Jumat-Sabtu (15-16/10/2021) ini dibagi menjadi 6 kelas. Masing-masing kelas diikuti 6 peserta dengan rincian UKW muda 6 kelas, madya 1 kelas, dan Utama 1 kelas.

Bacaan Lainnya

Salah satu peserta UKW, Ahmad Surianoor mengaku bersyukur dengan kesempatan yang ia dapatkan. Selain untuk menguji Kompetensi, ia berharap momentum ini bisa menjadi proses pembelajaran dan menambah ilmu di bidang jurnalistik.

“Alhamdulillah bersyukur bisa mengikuti UKW ini, dan beruntung media saya bisa mendapat slot. Saya ingin menjadikan ini sebagai wadah pengembangan diri dan menambah ilmu di bidang jurnalistik,” kata pemuda yang akrab disapa Rian tersebut.

Meski tak menampik ada rasa gugup yang menerpa, Rian mengaku sudah mempersiapkan diri dengan baik. Oleh karena itu, wartawan salah satu media online ini optimis dirinya lulus dengan hasil sesuai harapan.

“Amin ya Allah. Sebagai wartawan kita harus optimis, karena ini merupakan kegiatan jurnalistik yang sehari-hari dilakukan. Gugup pasti ada, tapi saya sudah mempersiapkan diri dengan baik,” tandasnya.

Menurut Ketua PWI Kalsel,  Zainal Helmie, kegiatan UKW ini harusnya diadakan beberapa kali. Namun lantaran minimnya anggaran, tahun ini hanya bisa dilaksanakan satu kali. Oleh karena itu di 2022 mendatang, dirinya menarget PWI Kalsel bisa menggelar kegiatan serupa minimal tiga kali.

“Target kita tiga kali pelaksanaan di tahun 2022. Sehingga kita bisa mengurangi jumlah wartawan kita yang belum kompeten, khususnya wartawan muda dan beberapa media yang belum terverifikasi,” ucap Zainal Helmie.

Sementara itu, ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mengapresiasi kegiatan UKW ini sebagai bentuk pengembangan Sumberdaya Manusia (SDM). Menurutnya, wartawan merupakan pilar penting yang menjadi penyokong kebijakan pembangunan Banua.

“Karena wartawan adalah corong pembangunan yang turut serta dan berkontribusi dalam pembangunan. Selama saya duduk di parlemen kurang lebih tujuh tahun, komunikasi dengan wartawan sangat baik. Saya harap kedepannya wartawan-wartawan ini tetap menjadi ujung tombak pembangunan yang bisa memberitakan informasi seimbang dan transparan,” tutup Supian HK.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.