Peringati WCD, Bupati Ajak Masyarakat Pilah Sampah

  • Whatsapp
MENYERAHKAN-Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad menyerahkan sampah pilah yang dikumpulkan Bank Sampah Unit Cinta Berseri.(Prokopim)(kalselpos.com)

Kandangan, kalselpos.com– Memperingati world cleanup day (WCD) 2021, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad menyerahkan sampah pilah yang dikumpulkan Bank Sampah Unit Cinta Berseri untuk didaur ulang, Selasa (28/09) di halaman kantor Setda setempat.

Bacaan Lainnya

Penyerahan sampah pilah tersebut disaksikan Sekda Muhammad Noor, Asisten, Staf Ahli, dan Kepala Bagian di lingkup Setda Kab HSS.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, kegiatan pemilahan sampah sebenarnya sudah lama dilakukan, dan hari ini hanya untuk kembali memantapkan kegiatan pemilahan sampah, untuk diserahkan dan diproses ke Bank Sampah Unit Wilayah Kabupaten HSS.

“Sampah bisa menjadi masalah, namun juga bisa bernilai ekonomis, jika didaur ulang dengan baik dan benar,” ujarnya.

Dikatakan bupati, penyerahan secara simbolis beberapa jenis sampah yang biasanya dihasilkan di lingkungan Setda Kabupaten HSS, seperti botol plastik, kertas dan lain lain sudah dipilah.

 

Bupati Fikry berharap sampah pilang yang diserahkan kepada Unit Bank Sampah ini dapat memberikan contoh bagi unit kerja lain di lingkup Pemkab HSS. “Ini harus segera dimulai, sampah jangan dibuang saja, mendingan lakukan proses pemilahan dan serahkan ke Bank Sampah untuk menghasilkan nilai ekonomis,” ujar Bupati Fikry.

Menurut bupati, dengan memilah sampah dan didaur ulang, maka akan mampu mengurangi jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Selain di perkantoran, bupati berharap ada perubahan mindset hingga lingkungan keluarga, sehingga sampah yang dipilah bisa menambah penghasilan keluarga, serta memberikan manfaat bagi pekerja, yang akan mengolah sampah di Bank Sampah HSS.

Saat ini, kata bupati, lingkungan perkantoran yang sedang mantapkan, namun sasaran selanjutnya adalah lingkungan perumahan atau keluarga yang perlu dibiasakan. “Saat ini sudah ada beberapa desa yang mulai mengelola sampah melalui bank sampah BUMDes,” ujar bupati.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.