HSU Terima Bantuan Masker, Vitamin dan Oxygen Concentrator

TERIMA- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU Sugeng Riyadi secara simbolia menerima bantuan Masker dan Vitamin di Kantor BPBD setempat, Senin (30/8). (ist)(kalselpos.com)

Amuntai, kalselpos.com – Bantuan Masker dan Vitamin diterima Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dari PT Adaro melalui program Adaro berjuang untuk Indonesia. Bantuan tersebut diterimakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU Sugeng Riyadi di Kantor BPBD setempat, Senin (30/8).

Bacaan Lainnya

Kepala BPBD Sugeng Riyadi mewakili Bupati HSU mengatakan, sebanyak 4.000 paket masker dan vitamin diterima BPBD dari pihak Adaro. Sugeng turut menyampaikan permintaan permohonan maaf dari Bupati yang tidak dapat menerima secara langsung, dikarenakan terbentur dengan agenda di tempat lain.

“Namun Bupati mengutarakan, terima kasih kepada Adaro, karena untuk kesekian kalinya memberikan bantuan untuk HSU,” sampainya, Selasa (31/8).

Masker ini nantinya akan dibagikan ke masyarakat dengan tujuan masyarakat selalu ingat dan patuh tetap menjaga Protokol Kesehatan atau penggunaan masker.

Meski demikian, Sugeng tetap mengingatkan agar masyarakat di Kabupaten HSU selalu taat terhadap Protokol Kesehatan Covid-19 di mana saja terlebih saat ini kondisi di Kota Bertakwa ini berstatus Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dengan level 3.

“Tetap patuhi 5 M, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan menjaga mobilitas,” tegasnya.

Sementara itu, bukan hanya masker dan vitamin, ternyata Kabupaten HSU juga dibantu alat Oxygen Concentrator (OC) dari Adaro yang akan diserahkan beberapa hari kedepan lagi

Hal tersebut diutarakan, Okty Damayanti Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri. Adaro Group memahami bahwa dukungan moril dan materiil akan sangat membantu penanganan pasien Covid-19 guna dapat menjaga semangat para tenaga kesehatan.

Salah satu kebutuhan yang penting saat ini, adalah ketersediaan oksigen untuk pasien Covid-19. Lonjakan jumlah pasien yang tidak sebanding dengan pasokan oksigen menyebabkan berbagai kondisi yang tidak diinginkan harus terjadi.

“Adaro memberikan dukungan 1000 konsentrator oksigen senilai Rp 12,6 miliar kepada Rumah Sakit & Klinik yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.
OC akan semakin melengkapi Rumah Sakit dan Faskes lainnya dalam menangani pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen. Alat ini akan sangat berguna terutama di wilayah yang jauh dari akses terhadap pemasok oksigen,” terangnya.

Memastikan konsentrator oksigen ini memenuhi kriteria kemudahan dalam penanganan pasien yaitu mudah dipindahkan dan dibawa ke lokasi pasien,tidak perlu penanganan yang kompleks serta tidak perlu diisi ulang.

Disamping mendistribusikan unit Konsentrator Oksigen, YSDS akan melakukan sosialisasi tata cara penggunaan, sehingga barang dipastikan dapat berfungsi secara optimal.

Dari 1000 konsentrator oksigen yang disediakan, 300 di antaranya akan disalurkan kepada 19 Rumah Sakit & 10 Klinik Adaro yang ada di provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan.

“Konsentrator Oksigen lainnya akan didistribusikan untuk memberikan manfaat di wilayah Indonesia yang sangat memerlukan dukungan oksigen,” pungkasnya.

(Aplikasi Kalselpos.com)

Pos terkait