Jelang H-2 Idul Fitri, Diskoperindag Jamin Ketersediaan Bahan Pokok

  • Whatsapp
Diskoperindag Batola saat memantau ketersediaan bahan pokok dan harga di sejumlah pasar tradisional.

Marabahan, kalselpos.com– Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Batola terus berupaya untuk memastikan agar bahan pokok di pasar tetap stabil dan ketersediaan cukup.

Kabid Perdagangan Diskoperindag Batola, Surono, S. Sos mengungkapkan, menjelang H-2 Idul Fitri 2021 ketersedian bahan pokok dan harga pangan dipastikan stabil.

Bacaan Lainnya

Surono menyebut, ada beberapa bahan pokok yang mengalami penurunan harga di pasar. Namun dia tidak memungkiri ada beberapa komoditas alami kenaikan harga.

Disampaikannya, ada beberapa perkembangan seperti harga komoditas dan barang yang stabil, bahkan ada yang turun, walaupun ada situasi tertentu yang membuat barang menjadi naik.

“Secara umum, saya sampaikan perkembangan rata-rata harga barang kebutuhan pokok dinyatakan stabil jelang H-2 Idul Fitri 2021 ini,” ungkap Surono, Selasa (11/5/2021).

Surono menyampaikan, dari data dan informasi yang diperoleh dilapangan, harga pangan seperti kacang hijau, wortel dan kubis atau kol mengalami penurunan.

Ada pula bahan pokok kebutuhan masyarakat yang alami kenaikan, namun tidak signifikan atau masih di batas kewajaran. Diantara bahan pokok kebutuhan masyarakat yang alami kenaikan tersebut diantaranya, daging sapi murni, daging ayam ras, cabe merah biasa, cabe rawit lokal, dan cabe rawit tiyung.

Selain itu, bahan baku bumbu, seperti bawang merah, bawang prei juga ada kenaikan. Sementara untuk ikan segar yang naik adalah ikan bawal, peda dan tongkol.

Dalam hal ini Pemkab Batola melalui Diskoperindag terus memantau kepada para pedagang agar tidak mengambil kesempatan jelang idul fitri ini untuk semena – mena menaikan harga bahan pokok kebutuhan masyarakat.

“Saat ini sampai jelang ramadhan H-1 2021 ini ketersediaan bahan pokok masyarakat di kabupaten berjuluk bumi Ije Jela ini cukup tersedia dan harga dinilai masih stabil,”tutup Surono.

kalselpos.com: Berita Terkini Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.