Adanya Ketentuan Relaksasi, Penumpang Kapal masih Sepi

kondisi pelabuhan samudera batulicin.

Batulicin, kalselpos.com – Meskipun pemerintah sudah memberikan ruang kepada masyarakat dengan kepentingan tertentu dapat melakukan aktifitas bepergian. namun, jumlah penumpang pada moda transportasi laut belum mengalami kenaikan yang signifikan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) Wisnu Putu Wardana menyampaikan kepada kalselpos.com jumat (7/8) sore. 

Bacaan Lainnya

Terkait dengan jumlah penumpang laut belum tumbuh signifikan. sebab, persyaratan agar dapat menggunakan moda umum (kapal) cukup ketat dan terbatas. 

Kendati demikian, Pihak Pemkab Tanbu sudah melakukan upaya dalam meringankan hal tersebut. dengan menggelar Rapid Tes gratis kepada kalangan tertentu yakni para pelajar saja ungkap nya. 

Mudah mudahan layanan rapid test gratis ini bisa dilakukan secara umum, guna menggairahkan dan mempermudah persyaratan masyarakat dalam bepergian. tentunya hal ini salah satu langkah untuk memutar roda perekonomian selain memberikan stimulus pada perekonomian ditataran masyarakat. 

Kacab PT. DLU Batulicin, Jamirin.

Terpisah, Kepala Cabang Dharma Lautan Utama (DLU) Batulicin, Jamirin mengatakan, bahwasanya untuk saat ini transportasi laut sudah mulai berjalan kurang lebih 1 bulan,  meskipun belum maksimal. 

Sebagai misal KM Dharma Ferry lll tujuan Batulucin – Makassar (Sulsel) dan Makassar – Batulicin, sebelum ada Pandemi Covid-19 dalam 1 minggu ada dua kali payaran Pulang-Pergi (PP). namun saat ini hanya 1 kali dalam 1 minggu.

Sementara untuk rute ke Surabaya (Jatim) hingga saat ini belum dibuka. lantaran sepi penumpang, meskipun dari surabaya bisa membawa penumpang dan barang namun kembali nya dari batulicin ke surabaya masih sepi. untuk itu sementara waktu belum kami buka rute tersebut. 

Dijelaskan nya, dalam. SOP berlayar kami menggunakan aturan protokol kesehatan. mulai dari awal pembelian tiket, penumpang naik kapal hingga penumpang turun dari pelayaran kami.

Jamirin berharap, kondisi saat ini bisa pulih kembali dan masyarakat bisa beraktivitas kembali dan tidak perlu ragu dalam melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut. sebab, kami sudah melakukan standarisasi protokol kesehatan, pungkas nya. 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

Penulis : Kristiawan
Editor : Aspihan Zain