Diskominfo Kotim Berharap Seluruh Desa Terjangkau Internet pada 2023

Kepala Diskominfo Kotim Multazam (tengah) saat memimpin rapat internal di kantornya, belum lama ini.(ist).)Ruslan AG(kalselpos.com)

Sampit,kalselpos.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berharap seluruh desa di daerah itu sudah terjangkau jaringan internet pada 2023 nanti.

Kepala Diskominfo Kotim Multazam mengatakan, desa “blank spot area” atau belum terjangkau jaringan internet menjadi perhatian pihaknya untuk diupayakan agar segera tersedia jaringan telekomunikasi.

Bacaan Lainnya

“Saat ini terus kita upayakan dengan membangun menara telekomunikasi. Mudah-mudahan pada tahun 2023 nanti semua sudah terjangkau jaringan telekomunikasi,” kata Multazam di Sampit, Rabu (8/6/2022).

Multazam menyebutkan, sejak tahun 2020 hingga saat ini sudah ada 22 menara baru telekomunikasi yang dibangun. Sebagian besar berada di kawasan utara kabupaten ini karena memang masih sangat membutuhkan.

Wilayah utara tersebut meliputi Kecamatan Parenggean, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Tualan Hulu dan Bukit Santuai. Wilayah ini cukup jauh dari Sampit Ibu Kota Kabupaten Kotim dan infrastruktur masih terbatas, bahkan masih ada desa yang hanya bisa dijangkau melalui jalur sungai.

Saat ini masih ada 22 desa yang tidak memiliki sinyal internet, sebagian besar juga berada di wilayah utara. Desa-desa tersebut menjadi prioritas untuk pembangunan menara telekomunikasi.

“Kami juga mengusulkan untuk menara yang didukung kelistrikan dari solar cell. Ini menjadi solusi agar bisa membangun dan memfungsikan menara di lokasi-lokasi yang tidak ada jaringan listriknya,” jelas Multazam.

Multazam menambahkan, perluasan jaringan telekomunikasi atau internet juga bagian dari upaya mendukung program Smart City atau Kota Cerdas. Seperti diketahui, Kabupaten Kotim termasuk dalam 50 daerah yang dipilih untuk pelaksanaan program Smart City.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait