Jelang Lebaran, Lapas Karang Intan Terima Kunjungan Sidak Kakanwil Kemenkumham Kalsel

Kalapas Karang Intan Martapura, Wahyu Susetyo menerima kunjungan sidak kakanwil Kemenkumham, Kalsel Lilik Sujandi.Jaelani Hasan(kalselpos.com)

Martapura, kalselpos.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, terima kunjungan inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi, berkaitan dengan persiapan layanan lebaran 1443 H, yang diselenggarakan Lapas Narkotika Karang Intan, Jum’at (29/4/22).

Kakanwil langsung menuju Aula Ruang Kunjungan, yang nantinya digunakan sebagai tempat pelaksanaan layanan kunjungan virtual (video call) bagi ratusan warga binaan. Kakanwil meminta segera untuk disiapkan sarana prasarana layanan, pengaturan tempat antrian dan petunjuk arah bagi warga binaan.

Bacaan Lainnya

“Segera siapkan layanan untuk kunjungan virtual video call, ditambah sarana prasarananya, dan beri jarak antara satu sama lain, juga pasang penyekat, terus disiapkan juga tempat antrian bagi warga binaan yang ingin menggunakan layanan, pasang petunjuk arah layanan dan pasang juga hiasan-hiasan bernuansa lebaran, di selasar menuju layanan kunjungan virtual,” pinta Kakanwil.

Didampingi Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, Kakanwil kemudian bergerak meninjau pelaksanaan pembinaan kemandirian perikanan pada area Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE), sembari menunggu masuknya waktu salat Jum’at.

Orang nomor satu di Lapas Narkotika Karang Intan, dalam keterangannya menjelaskan bahwa satuan kerjanya, menindaklanjuti petunjuk yang telah disampaikan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), perihal Peningkatan Kewaspadaan dan Keamanan di UPT Pemasyarakatan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M.
“Kita melaksanakan instruksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, sudah kita jalin komunikasi dan koordinasi pengamanan dengan pihak Kepolisian Sektor Karang Intan, Koramil 1006-5/Karang Intan, mengantisipasi terjadinya gangguan kamtib selama Idul Fitri 1443H di Lapas Narkotika Karang Intan, juga sudah melakukan sosialisasi kepada warga binaan, bahwa kunjungan langsung masih tidak diselenggarakan, dan diganti kunjungan virtual,” pungkas Kalapas.

Selang tidak lama, terdengar azan berkumandang dari Masjid At-Taubah Lapas Narkotika Karang Intan, menandai masuknya waktu salat Jum’at. Kakanwil didampingi Kalapas menuju masjid At-Taubah untuk melaksanakan salat berjamaah, bersama warga binaan yang sudah berkumpul memenuhi aula dan teras Masjid.

Tindak lanjut hasil sidak yang dilakukan Kakanwil Kemenkumham Kalsel di Lapas Narkotika Karang Intan, terhadap kesiapan layanan yang diselenggarakan, membuahkan hasil, bahwa layanan kunjungan virtual Lapas Narkotika Karang Intan, menjadi role model penerapan pelaksanaan kegiatan serupa, bagi satuan kerja Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel pada penyelenggaraan Idul Fitri 1443 H/2022 M.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.