Dampak Covid-19, Musrenbang HSS Melalui Vicon‎ di 10 Tempat

  • Whatsapp
MUSRENBANG- Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, bersama Ketua DPRD Kabupaten HSS, Akhmad Fahmi, musrenbang melalui vicon.(Kominfo) ‎

‎KANDANGAN, Kalselpos.com- Pelaksanan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 terlihat berbeda dari tahun lalu, tahun digelar melalui ‎Video Vonfrence (Vicon) di sepuluh tempat untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

‎Tempat-tempat yang menjadi pelaksanaan Vicon Musrenbang RKPD 2021 tersebut, di Pendopo Kabupaten, Bappelitbangda, Dinas PUPR, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Setwan, Kecamatan Kandangan, Bappeda Provinsi Kalsel dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.‎

Bacaan Lainnya

Kepala Bappelitbangda Kabupaten HSS, M Arlian Sahrial, arah kebijakan pembangun daerah 2021 meliputi pembangunan oftimalisasi teknologi informasi pada sistem perencanaan dan pelayanan publik, dan membangunan generasi muda yang handal melalui jaminan sosial akses layanan dasar dan pengembangan pendidikan vokasional yang berorientasi pada potensi daerah.

Selain itu, percepatan pembangunan infrastuktur dasar penunjang perekonomian melalui kemitraan pembiayaan pembangunan. “Dan penciptaan inkluisivitas pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan berbasis pertanian, parawisata dan UKM dalam wadah ekonomi kreatif,” ujarnya.

Kepala Bappeda Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira, mengatakan ditetapkannya Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Ibu Kota Negara yang baru, maka sebagai provinsi yang terdekat dan berharap menjadi gerbang. “Jadi, kita harus menjadi gerbang yang baik bagi Ibu Kota Negara yang baru, dan mewujutkan 5 prioritas,” ujarnya.

Lima prioritas tersebut, kata dia, yakni meningkatkan kualitas dan daya saing SDM, tata kelola pemerintahan, transportasi struktur ekonomi ke sektor industri dan pertanian, memperkuat sarana prasaran dasae perekonomian, dan kualitas lingkungan hidup untuk memperkuat ketahanan pangan.

Ketua DPRD Kabupaten HSS, Akhmad Fahmi, berharap pelaksanaan Musrenbang RKPD 2021 dapat dan mampu mewujudkan kesamaan pandangan dan pemahaman terkait kebijakan dan prioritas pembangunan di Kabupaten HSS. “Mari kita inplementasikan perencanaan pembangunan dengan tetap memperhatikan sinergisitas nasional, provinsi dan kabupaten,” ujarnya.‎

‎MUSRENBANG- Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, bersama Ketua DPRD Kabupaten HSS, Akhmad Fahmi, musrenbang melalui vicon.(Kominfo)‎

‎Sementara itu, Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, mengatakan dalam penanganan Covid-19 Pemkab HSS telah melakukan penyesuaian-penyesuai anggaran APBD 2020, dan pemerintah pusat menarik semua Dana Alokasi Khusus (DAK)‎, kecuali kesehatan dan pendidikan.

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

 

Dikatakan bupati, orang miskin yang telah mendapat bantuan dari kementerian sosial 12 ribu lebih, dan pemerintah derah dengan program beras sejahtera‎ memberikan bantuan kepada 5 ribu lebih, dan saat ini sudah ada sebanyak 4.800 ribu lebih yang terdampak Covid-19. “Kalau tidak dikelola dengan baik, maka akan menambah jumlah kemiskinan yang baru,” ujarnya.

Namun, hasil dari rapat dengan satuan organisasi perangkat daerah untuk menyikapi dampak Covid-19. ‎”Dan 4.800 warga yang terdampak Covid-19 menjadi catatan untuk bisa dipenuhi kebutuhan dasarnya selama kegiatan penanganan berlansung,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

Download aplikasi kalselpos.com versi android  kami di Play Store : Aplikasi Kalselpos.com

 

kalselpos.com: Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari ini Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Nasional

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.