Lomba Jukung Baanam Meriahkan HUT Bhayangkara ke 78

Teks Foto : Lomba Jukung Baanam digelar dalam rangka memerintah HUT Bhayangkara ke 78.(Fauzie)(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Dalam rangkaian Hari Bhayangkara Ke 78 Tahun 2024,Polda Kalimantan Selatan menggelar Perlombaan Jukung Baanam di Sungai Martapura atau tepatnya didepan Siring Menara Pandang Jalan Piere Tendean Banjarmasin Kalimantan Selatan Kamis, (4/7/2024) pagi.

Lomba Jukung Baanam atau Lomba Balap Perahu yang satu timnya terdiri satu perahu berisikan enam orang sebagai pendayung.

Bacaan Lainnya

Kegiatan lomba ini diikuti 32 tim peserta dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan.

Setiap lomba akan ditanding dua tim perahu yang beradu kecepatan pada lintasan sungai yang berjarak sekitar 250 meter. Bagi tim yang lebih dulu mencapai finish akan tercatat sebagai pemenang penyisihan. Selanjutnya para juara akan beradu kembali hingga akan keluar pemenangnya yang mendapatkan trophy dan uang pembinaan.

Kapolda Kalimantan Selatan,Irjen Pol Winarto mengatakan, selain sebagai ajang silaturahmi dan pencarian atlet berprestasi,lomba ini juga untuk mengangkat kearifan lokal Kalimantan Selatan.

“Lomba Jukung Baanam ini dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke 78,kita gelar lomba ini untuk mengangkat kearifan lokal Kalsel sebagaimana instruksi Kapolri, selain itu lomba ini juga sebagai ajang silaturahmi dan untuk menjaring atlit berprestasi untuk ke ajang nasional,” papar Irjen Pol Winarta usai membuka kegiatan

Kendati lomba ini tidak dilaksanakan pada hari libur namun antusias masyarakat yang ingin menyaksikan lomba balap jukung baanam ini sangatlah tinggi,hingga banyak masyarakat memadati kawasan Siring Menara Pandang,bahkan ada pula yang datang menggunakan perahu motor untuk menyaksikan dan memberikan support kepada tim yang bertanding.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait