Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tanam Pohon Tebing Danau

Teks foto Pj Bupati Tapin M Syarifuddin bersama jajarannya melakukan aksi nyata menanam pohon di tebing Danau Hatiwin pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 di Desa Hatiwin Kec Tapin Selatan Kabupaten Tapin.(ist)(kalselpos.com)

Rantau, kalselpos.com – Aksi Lingkungan Hidup dengan menanam pohon serentak dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 bertempat Desa Hatiwin Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin. Jumat (21/6/2024) kemarin pagi.

 

Bacaan Lainnya

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin secara langsung melakukan aksi penanaman pohon di tebing Danau Hatiwin Desa Hatiwin Kecamatan Tapin Selatan bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapin Nordin dan Kepala SOPD Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin.

 

Peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia mengangkat tema “Land Restoration, Desertification, And Drought Resilience (Rrestorasi lahan penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan) dengan slogan “Qur Land, Qur Future, Generation Restoration”.

 

Sambutan tertulis Menteri Lingkungan Hidup RI Siti Nurbaya dibacakan Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin Indonesia telah menerbitkan Perpres 98/2021 tentang nilai ekonomi karbon (Nek) yang mengatur pelaksanaan aksi mitigasi dan aksi adaptasi perubahan.

 

“Dengan adanya Nek dapat menjadi upaya yang selama ini dilakukan seperti pengendalian kebakaran hutan, pencegahan deforestasi dan degradasi hutan, atau transisi teknologi untuk mewujudkan energi baru terbarukan, “ katanya.

 

Sebagai catatan bahwa upaya mitigasi dan adaptasi merupakan upaya atasi iklim dan pelestarian lingkungan yang sekaligus menjadi insentif untuk kesejahteraan juga secara ekonomi.

 

Dengan segala capaian yang ada hingga saat ini, atas nama pemerintah, saya menyampaikan ucapan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras seluruh elemen bangsa, seluruh masyarakat, kelompok komunitas, aktivis, dunia usaha, paratokoh perempuan, generasi muda, green leaders, akademisi, jurnalis dan juga jajaran birokrasi di daerah dan di lapangan.

 

“Peringatan hari lingkungan hidup 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara keberlanjutan, “tandasnya.

 

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapin H Nordin MS melaporkan aksi penamaman pohon dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024.

 

“Memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024. kita melakukan aksi penanaman pohon di bantaran tebing Danau Hatiwin Desa Hatiwin Kecamatan Tapin Selatan, “ujarnya.

 

Adapun jenis pohon yang ditanam ada jenis pohon peneduh seperti pohon mahoni, tabebuya dan spatudea.

 

Berharap pohon-pohon yang ditanam ini, warga desa setempat bisa menjaga dan memeilihara agar tetap tumbuh dan subur yang mana untuk kelestarian alam banua kita menjadi lebih baik dan hijau.

 

Mudahan penanaman pohon di tebing Danau sebagai upaya kita untuk mengurangi peningkatan pemanasan global dan mengendalikan kebakaran hutan, sehingga lingkungan tetap hijau dan lestari.

 

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait