Pelantikan Ketua umum PDHI Kalsel: ini pesan Dr. drh. M. Munawaroh

Teks foto : Pelantikan Ketua Umum PDHI Cabang Kalimantan Selatan (Kalsel) dan pengurus di salah satu hotel di Banjarmasin.(kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – drh. Irinda Asdila Putri, di lantik menjadi Ketua Umum PDHI Cabang Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (25/05/24) pagi, di salah satu hotel di Banjarmasin.

Pelantikan Ketua Umum PDHI Cabang Kalsel Periode 2024-2028, langsung di lantik langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PDHI, Dr. drh. M. Munawaroh.

Bacaan Lainnya

“Banyak harapan dan peran aktif kepengurusan PDHI Cabang Kalimantan Selatan ini, sebenarnya dokter hewan di Indonesia masih sangat banyak sekali untuk dibutuhkan,” ujar Dr. drh. M. Munawaroh.

Munawaroh juga menyampaikan, saat ini baru 13 sampai 15 ribu dokter hewan di Indonesia yang tercatat di PDHI. Padahal kebutuhannya mencapai 30 ribu.

“Dan penambahan dokter hewan tiap tahunnya hanya sekitar 1.000 an saja,” katanya.

Oleh karena itu, dirinya ingin agar tiap wilayah di Indonesia bisa memiliki Fakultas Kedokteran Hewan nya sendiri.

Di Kalimantan Selatan sendiri, ia melihat ada Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang memiliki potensi untuk membangun Fakultas Kedokteran Hewan.

“Karena melihat keinginan untuk menjadi dokter hewan ini sebenarnya banyak,” katanya.

Bahkan untuk menjadi seorang dokter hewan saja, dikatakannya harus mengalah sekitar 40 sampai 60 peserta ujian. Ini karena keterbatasan ketersediaan pendidikan yang ada.

Dilanjutkannya saat ini tuntutan untuk pelayanan kesehatan hewan, tiap hari semakin meningkat. Dan dituntut berkualitas.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar di Kalimantan Selatan bisa memiliki Rumah Sakit (RS) Hewan. Yang bisa memberikan pelayanan kepada para pemilik hewan peliharaan.

“Sebab pemilik hewan ini setiap hari, semakin bertambah. Dan semakin banyak jenis-jenis hewannya juga,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PDHI Cabang Kalimantan Selatan, drh. Irinda Asdila Putri kedepannya, pihaknya merancang program-program yang bisa mensejahterakan para dokter hewan.

“Bisa dengan upgrade skill dan lainnya. Jadi semakin bagus kualitas dokter hewan, semakin bagus pula melayani masyarakat yang memiliki hewan,” ujarnya.

Kemudian terkait dengan permintaan dan harapan Ketua Umum PB PDHI, yang ditujukan kepada pengurus cabang. Khususnya dalam hal mengadakan Fakultas Kedokteran Hewan.

Dirinya mengungkapkan akan memulai itu dengan menjalin komunikasi ke beberapa Universitas yang ada di Kalsel terlebih dahulu.

“Jadi kita akan melakukan audiensi pertemuan dulu, membahas bagaimana rencana untuk mendirikan Fakultas Kedokteran Hewan di Kalimantan Selatan,” tandasnya.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait