Aziz Raih Emas Sambil Tahan Batuk Darah, Kick Boxing Lampaui SEA Games

Atlet kickboxing putra Indonesia Abdul Aziz Calim (paling kanan) ketika ditemui awak media di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (17/5) malam. (Antara/kalselpos.com)

Jakarta, kalselpos.com – SEA Games 2023 telah berakhir, Rabu (17/3/2023) malam. Namun, cukup banyak kisah menarik perjuangan atlet Indonesia hingga mampu meraih medali emas.

Misalnya, atlet kickboxing nomor kick light 63 kilogram (kg) putra Indonesia, Abdul Aziz Calim menceritakan ia menjalani SEA Games 2023 Kamboja sambil menahan sakit batuk darah.

Bacaan Lainnya

“Saya bertanding itu di kondisi sakit tapi di mindset saya berusaha harus menang soalnya saya udah enam bulan latihan dan gak mau kalah juga,” kata Aziz ketika ditemui pewarta setelah selesainya acara penyambutan atlet SEA Games di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (17/5) malam.

Adapun, batuk darah ini didapat karena Aziz tidak kuat menghadapi hawa dingin saat menjalani training center di Kyrgyzstan selama satu bulan.

“Itu, saya kan persiapan di Kyrgyzstan itu terlalu dingin di sana, saya kena infeksi paru karena udara dingin. Itu saya batuk, batuknya gak hilang-hilang sampek dua minggu lebih,” katanya.

Di final kickboxing pada nomor kick light 63 yang digelar di Elephant Hall 1 Morodok Techo National Stadium, Aziz berhasil merengkuh medali emas setelah mengalahkan atlet Vietnam, Hau Tran Minh.

Ia mengatakan dalam laga final belum fit 100 persen, tapi dengan semangat tinggi dan kecerdikan bermain ia akhirnya berhasil merengkuh juara.

“Di final masih, saya balik ke corner masih batuk-batuk,” kata Aziz.

“Masih batuk darah saya. Cuman finalnya saya pikir ‘ini final satu langkah lagi’. Jadi saya bermain pintar deh, pas final saya main pintar,” tambahnya.

Aziz menambahkan faktor keberhasilan lainnya meraih emas adalah selalu menjaga pikiran untuk selalu berpikir positif.

“Itu semua dari pikiran kita, kalo pikiran kita kuat kita pasti kuat,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, ia sangat bahagia dapat meraih emas di ajang pesta olahraga dua tahunan tersebut.

“Perasaannya sangat sangat bangga karena orang tua dan seluruh masyarakat Indonesia bangga juga dan semua pengurus kickboxing,” ungkap Aziz.

Sementara itu, Manajer tim nasional kick boxing Indonesia Rosi Nurasjati mengungkapkan timnas Indonesia telah melampaui perolehan target medali di SEA Games 2023 Kamboja.

Tim kick boxing Indonesia meraup tiga emas, empat perak dan empat perunggu jauh melampaui target yaitu mempertahankan medali yang sebelumnya di peroleh di SEA Games Vietnam 2021 yaitu dua emas, satu perak dan satu perunggu.

“Alhamdulillah target kami hanya dua emas sama dengan SEA Games sebelumnya, paling tidak mempertahankan. Tapi Allah memberikan kelebihan menjadi tiga emas,” kata manajer tim nasional kick boxing Indonesia Rosi Nurasjati.

Selain itu Rosi menyebutkan Indonesia seharusnya dapat memperoleh tiga emas tambahan namun karena kualitas wasit tidak seimbang dengan penilaian terhadap teknik tim sehingga menyebabkan potongan poin yang merugikan.

“Kualitas wasit tidak seimbang dengan kualitas anak-anak. Kualitas anak-anak sudah berkembang. Bahkan seharusnya yang tidak dapat potongan poin justru langsung dipotong langsung,” kata Rosi.

Berbicara mengenai SEA Games Thailand tahun 2025 mendatang timnas kick boxing Indonesia optimistis menatap ajang dua tahunan di Asia Tenggara itu karena mempunyai atlet bertalenta dan masih muda.

“Semuanya mempunyai peluang. Atlet Indonesia masih muda-muda, punya teknik dan fisiknya bagus. Saya lihat potensi mereka bagus semua karena masih muda,” kata Rossy.

Ia juga bersyukur atas adanya event yang berkelanjutan seperti pra-PON 2024 dan PON 2024 Aceh-Sumatera Utara yang membuat para atlet tetap memperoleh jam terbang dan mempertahankan kondisi fisik.

Berikut perolehan medali SEA Games 2023 cabang kick boxing:

Emas
1. Toni Kristian Hutapea – Mens Full Contact 54 Kg
2. Diandra Ariesta Pieter – Womens Kick Light 55 Kg
3. Abdul Aziz – Mens Kick Light 63 Kg

Perak
1. Susanti Ndapataka – Womens Low Kick 56 Kg
2. Sofyan Abdul Haris – Mens Full Contact 67 Kg
3. Salmri Stendra Pattisamallo – Mens K1 51 Kg
4. Firman Muharram Syach – Mens Kick Light 69 Kg

Perunggu
1. Fani Febriyanti – Womens Light Contact 50 Kg
2. Paula Rewade Saruke – Womens Full Contact 48 Kg
3. Claudions Reco – Mens K1 67 Kg
4. David Leonardo – Mens Light Contact 63 Kg

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait