Antisipasi kasus per-Joki-an di seleksi Mahasiswa baru, ULM ‘sterilkan’ ruang Ujian

[]hafidz SELEKSI MAHASISWA - Peserta UTBK SNBT saat ikut seleksi di ULM Banjarmasin, Selasa (09-05-2023) pagi.

Banjarmasin, kalselpos.com – Terkait terjadi dugaan per-joki-an dalam Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023, Universitas Lambung Mangkurat (ULM), mengaku telah mempersiapkan diri seoptimal mungkin, termasuk melakukan ‘sterilisasi’ terhadap sarana prasarana sampai ke petugas pengawas hingga ruang ujian sendiri.

Hal tersebut, ditegaskan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik ULM, Dr Iwan Aflanie yang dikonfirmasi kalselpos.com, Selasa (09-05-2023) pagi.

Bacaan Lainnya

Mantan Dekan Fakultas Kedokteran itu menyebut, pihaknya telah memberikan arahan kepada panitia dan pengawas UTBK SNBT, agar mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Para peserta pastinya memilih ULM sebagai perguruan tinggi tujuannya lolos dari UTBK SNBT tahun ini,” tegasnya.

Di sisi lain, sesuai saran dari KPK, maka data dari UTBK, akan langsung dikirim ke server yang sudah disiapkan oleh panitia pusat secara seketika atau ‘real time’

Ia menekankan sebelum memasuki ruang ujian, peserta diperiksa dengan alat metal detektor dan digeledah.

“Karenanya, jika dianggap ada sesuatu hal yang mencurigakan, termasuk pencocokan foto untuk mencegah adanya kecurangan, seperti aksi Joki atau per-Joki-an,” katanya.

Terlepas itu, ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terakreditasi A dan menjadi kampus unggul di Kalimantan Selatan, diketahui pihaknya sehari melaksanakan dua sesi satu sesinya tercatat hampir 700 orang.

“Jadi kita sehari melaksanakan 1500 orang perharinya di 24 lokasi ULM dimulai tanggal
8 sampai 14 Mei 2023 mendatang, ” pungkasnya.

Sedangkan, untuk pelaksanaan UTBK gelombang kedua, dijadwalkan pada 22 hingga 28 Mei 2023, serta pengumuman hasil SNBT sendiri, pada 20 Juni 2023 mendatang.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait