Rashif Amila Raih Medali Perak di nomor Triatlon

- Rashif Amila Yaqin menyentuh garis finis pertama pada nomor aquatlon putra pada SEA Games XXXII/2023 Kamboja di Kep, Sabtu (6/5/2023). (Antara/ kalselpos.com)

Phnom Penh, kalselpos.com – Rashif Amila Yaqin meraih medal pada nomor triatlon perseorangan putra SEA Games Ke-32 Kamboja di Kep Town Beach, Kep, Kamboja, Senin (8/5/2023).

Atlet asal Jawa Barat itu berada di urutan kedua dalam lomba yang menggabungkan cabang olahraga renang, balap sepeda, dan lari tersebut.

Bacaan Lainnya

Ami, sapaan akrab Rashif Amila mencatatkan waktu 58 menit 45 detik. Dia berada di belakang wakil Filipina Fernando Jose Tan Casares yang meraih emas dengan membukukan waktu 58 menit 32 detik. Adapun perunggu menjadi milik Andrew Kiw Abay Remoliono yang juga berasal dari Filipina dengan waktu 59 menit 53 detik.

Pada perlombaan hari ini, Ami mengawali dengan baik saat berenang sejauh 750 meter dengan catatan waktu 9 menit 40 detik. Kemudian dia bersepeda sejauh 20 km dengan waktu 30 menit 32 detik dan membukukan 17 menit 40 detik untuk lari 5 km.

Wakil Indonesia lain yang turun pada nomor triatlon putra Aloysius Reckyanrdo Mardian harus puas finis di posisi ketujuh dari 12 peserta yang bersaing dengan catatan waktu 1 jam 2 menit 23 detik.

Bagi Ami, perak di nomor perseorangan tersebut merupakan medali kedua. Sebelumnya dia tercatat sebagai penyumbang medali pertama untuk kontingen Indonesia setelah menjadi yang terbaik pada nomor aquatlon putra pada Sabtu (7/5) dengan catatan waktu 14 menit 28 detik.

Dia mengalahkan wakil Filipina Andrew Kim Abay Remolino di posisi kedua dengan membukukan 15 menit 07 detik. Lalu perunggu menjadi milik Brice Sheng Cher Chong dengan 15 menit 39 detik.

Sementara itu pada sektor putri, Zahra Bulan Aprillia Putri gagal menyumbang medali untuk kontingen Indonesia pada nomor triatlon putri setelah finis di posisi kelima dengan catatan waktu 1 jam 9 menit 44 detik. Sedangkan Renata Berlina Aditya di posisi ketujuh dengan 1 jam 10,17 menit.

Emas menjadi milik atlet naturalisasi Kamboja Margot Garabedian yang finis terdepan dengan catatan waktu 1 jam 5 menit 31 detik. Sementara wakil Filipina Marion Kim Exconde Mangrobang finis kedua dengan 1 jam 7 menit 21 detik. Lalu perunggu diraih atlet Singapura Louisa Marie Middleditch dengan 1 jam 7 menit 28 detik.

Seluruh rangkaian perlombaan cabang ketahanan tubuh telah berakhir. Indonesia total mengemas satu emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Perak lainnya yang diraih Indonesia berasal dari tim estafet campuran dengan komposisi Aloysius Reckyardo Mardian, Renata Berliana Aditya, Aryandra Fauzi Mauludin, dan Dea Salsabila Putri.

Adapun tiga perunggu masing-masing melalui Dea Salsabila Putri dari nomor aquatlon putri, Sedilta Pilon Nubatonis yang turun pada nomor duatlon putra, serta Maharani Azhri Wahyuningtyas dari nomor duatlon putri.

Filipina menjadi negara dengan koleksi medali terbanyak yakni tiga emas, dua perak, dan satu perunggu, diikuti tuan rumah Kamboja dengan dua emas dan satu perak.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait