Penanganan dan Penanggulangan Bencana diharapkan sinergi antar Dinas

Teks : Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin melaksanakan rapat pembahasan LKPJ Walikota tahun 2022 bersama BPBD.

BANJARMASIN, ,kalselpos.com – Proses penanganan dan penanggulangan bencana di Kota Banjarmasin, diharapkan dapat sinergi dan melibatkan antar dinas terkait dilingkup pemerintah setempat.

“Untuk penanggulangan bencana itu ada beberapa dinas, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” ujar Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Saut Nathan Samosir, usai rapat pembahasan LKPJ Walikota tahun 2022, bersama BPBD setempat, belum lama tadi.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin diminta sinergi dan menjalin komunikasi yang baik dengan dinas terkait dalam penanggulangan bencana.

Kendati pihak BPBD dapat menyiapkan anggaran besar untuk penanganan bencana, tetapi bila tidak terkomunikasi dengan baik antar dinas, maka hal yang tidak diinginkan seperti banjir mungkin saja terjadi.

“Kami memberi saran dan meminta agar BPBD lebih mengintenskan komunikasi antar dinas tersebut, karena itu saling berkaitan,” ucapnya.

Pihaknya mencontohkan, seperti dalam pengelolaan drainase jika itu tidak tersambung ke sungai besar maka bisa saja terjadi banjir apabila hujan turun dengan lebat. “Oleh karena itu komunikasi itu perlu dilakukan,” ingatnya.

Kepala BPBD Banjarmasin, Husni Thamrin menegaskan, akan menindaklanjuti saran dan masukan dari dewan.

Pada tahun 2022 terangnya,
dari 2 program 9 kegiatan dan 16 sub kegiatan yang dilaksanakan BPBD telah terealisasi baik fisik maupun anggaran sebesar 93,92 persen dari nilai Rp3,8 miliar.

Pencapaian tersebut tidak bisa 100 persen karena ada 2 sub kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan kecuali bila terjadi status bencana berupa pemberian bantuan logistik dan monitoring keadaaan bencana.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait