Tiang Gawang Kalahkan Barito Putera 2-3 Atas Persis Solo

- Barito Putera menyerah 2-3 atas tamunya Persis Solo dalam pertandingan lanjutan Liga 1 di Stadion Demang Lehman Martapura, Selasa (21/3/2023). (Instagram psbaritoputeraofficial/kalselpos.com)

Martapura, kalselpos.com – Nasib kurang beruntung dialami Barito Putera. Cukup banyak mendapat peluang emas, tiga diantaranya membentur tiang gawang, sehingga Laskar Antasari menyerah 2-3 atas tamunya Persis Solo dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia yang berlangsung di Stadion Demang Lehman Martapura, Selasa (21/3/2023) sore.

Dua gol Barito Putera dicetak oleh Mike Ott dimenit 43 dan Gustavo Tocantins pada menit 72. Sedangkan tiga gol Persis dibuat oleh Alexis Messidoro di menit 19 dan 79 serta Sutanto Tan di menit 85.

Bacaan Lainnya

Akibat kekalahan itu, Barito tertahan diperingkat 17 dengan 31 poin dari 30 kali main, sedang Persis naik ke posisi 9 dengan 40 poin dari 31 bertanding.

Berbekal dua kemenangan di laga sebelumnya, penampilan pemain Barito Putera cukup percaya diri saat menjamu Persis dengan langsung bermain ofensif melalui duet striker Gustavo Tocantins dan Eksel Timothy Runtukahu dibantu gelandang serang Mike Ott dan Rizky Pora.

Pertandingan baru berjalan dua menit, Bagas Kaffa mendapat peluang saat tinggal berhadapan dengan kiper Gianluca Pandeynuwu, tapi tidak melakukan syuting malah memberikan umpan kepada Gustavo yang sudah dikepung pemain belakang lawang.

Pemain Brazil ini berusaha menendang bola sambil memutar badan dan berhasil di blok pemain belakang Persis hingga si kulit bundar berubah arah ke samping kiri gawang lawan.

Di menit 5, giliran Mike Ott yang melakukan terobosan dari lini tengah dan kemudian melakukan tembakan keras ke samping kiri, tapi dengan cekatan kiper Persis Gianluca Pandeynuwu men-tips bola keluar.

Empat menit kemudian,
Aksel berhasil merebut bola dari pemain belakang Persis, Sutanto Tan dan kemudian melakukan tendangan, tapi behasil di blok kiper.

Keasyikan menyerang, lini belakang Barito sedikit lengah. Striker Persis, Fernando R Ortega berhasil menjebol gawang Barito di menit 18, untungnya sebelumnya terjebak offside

Namun, absennya Bayu Pradana dan Nazar Nurzaidin sebagai gelandang bertahan membuat lini belakang cukup rapuh. Di menit 19, Persis berhasil membobol gawang Barito lewat tendangan voli Messidoro setelah menerima umpan Irfan Jauhari.

Ketinggalan 0-1, Barito meningkatkan tempo serangan. Sebuah peluang emas kembali di dapat pada menit 30 lewat Eksel yang lepas dari kawalan pemain belakang lawan. Kiper Persis berusaha memotong dengan maju ke depan dan bola diangkat Eksel, hanya saja tidak mengarah ke gawang. Bola di dapat Gustavo, namun sepakannya berhasil di blok Jaimerson da Silva

Barulah di menit 43, Barito berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Mike Ott. Berawal dari umpan Eksel, mantan kapten tim Filipina ini melakukan terobosan dengan berhasil mengecoh Jaimerson da Silva dan satu pemain Persis lainnya. Mike kemudian melakukan tendangan mendatar dan gagal diantisipasi kiper Persis.

Memasuki babak kedua, Barito tetap mengendalikan permainan dan unggulan 2-1 melalui Gustavo di memit 72 setelah menerima umpan Bagas.

Namun, Persis berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat Messidoro di menit 79 memanfaatkan kesalahan backpass dari Renan Alves yang berhasil dipotongnya.

Pemain asal Argentina ini kemudian melakukan tembakan keras yang gagal diantisipasi kiper Barito, Yoewanto Setya Beny.

Barito mendapat peluang di menit 83 melalui Rahmat Beri Santoso, tapi sundulan kepalanya memanfaatkan umpan Deddy Hartono membentur mistar gawang.

Malah Persis mampu membalikkan keadaan menjadi 3-2 lewat sepakan Susanto Tan di menit 85 setelah menerima umpan Messidoro.

Barito pun berusaha mengejar ketinggalan dengan melakukan serangan gencar. Di menit 89, sundulan Renan memanfaatkan umpan Deddy Hartono gagal membuahkan gol.

Begitu juga tendangan voli Gustavo di menit 90+4 membentur mistar gawang.

Hingga pertandingan usai, kedudukan 3-2 untuk Persis tetap bertahan.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait