Persebaya Antisipasi Perubahan Permainan Barito Putera Sore Ini

- Pemain Persebaya Ze Valente (tengah) mengikuti official training menjelang laga melawan Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (8/3/2023). (Antara/kalselpos.com)

Banjarmasin,kalselpos.com – Tim tamu Persebaya Surabaya telah mengantisipasi strategi maupun perubahan permainan yang bakal diterapkan Barito Putera dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 di Stadion Demang Lehman, Kamis (9/3/2023) pukul 16.00 Wita.

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso mewaspadai kecerdikan pelatih Barito, Rahmad Darmawan (RD)

Bacaan Lainnya

“Saya kenal Coach RD sejak lama dan saya yakin Coach RD sudah punya taktik lain. Pertandingan ini bukan jaminan kita bisa mendapatkan poin dengan mudah. Namun demikian, tetap bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tim,” kata
pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso, Kamis (9/3/2023).

Menurut dia, kualitas pelatih Barito Putera sudah tidak diragukan, bahkan tim kebanggaan Arek-Arek Suroboyo sempat kalah di putaran pertama saat RD masih melatih Rans Nusantara FC.

“Kehadiran Coach RD membawa dampak yang sangat positif, kami lihat pertandingan terakhir mereka. Di sini kami lihat sulit memprediksi kekuatan Barito,” ujarnya.

Ditambahkan mantan pemain Timnas Indonesia ini, perubahan permainan Barito terlihat pada laga kandang terakhir Laskar Antasari yang berhasil mengalahkan tim papan atas Persib Bandung dengan skor 2-1.

“Saya ingatkan, untuk mengalahkan Barito yang ditangani Coach RD tidak gampang, perlu kerja keras,” kata pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut.

Oleh karena itu, ia pun memberi arahan agar anak asuhnya disiplin dalam menerapkan strategi guna merealisasikan target menang agar klub berjuluk Bajol Ijo tersebut dapat naik ke papan atas klasemen sementara.

“Kalau pemain bisa menjaga semangat juang dan bermain dengan hati, tidak menutup kemungkinan kita membawa tiga poin,” kata pelatih asal Malang tersebut.

Dengan kondisi pemain yang sudah pulih 100 persen, menurut dia, akan lebih mudah untuk meramu kekuatan terbaik.

“Minimal kami berhasil membawa pulang satu poin. Akan tetapi kalau anak-anak bisa berjuang lebih keras, maka ada kesempatan untuk meraih tiga poin. Kami butuh turning point untuk kembali ke jalur kemenangan,” kata Aji.

Menurut data dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), kedua tim telah bertemu sebanyak tujuh kali sejak 2018.

Barito Putera lebih unggul dengan tiga kali kemenangan, yaitu dua kali menang saat musim 2018 dan satu kali saat musim 2019.

Sedangkan Persebaya tercatat hanya mampu meraih dua kali kemenangan, yaitu satu kali menang pada musim 2021/2022 dan yang terakhir saat putaran pertama musim 2022/2023.

Saat ini, Persebaya berada di posisi delapan klasemen sementara Liga 1 musim 2022/2023 dengan mengoleksi 38 poin dari 25 pertandingan.

Sedangkan lawan yang akan dihadapi, Barito Putera, saat ini berada di peringkat 17 dengan poin 25 dari 27 pertandingan.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait