Timnas Indonesia Akan Jajal Tim Peringkat 80-an Dunia di Laga FIFA Match Day

Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kedua kanan) dan jordi Amat (kanan) berusaha menyundul bola ke arah gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak Semi Final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam. (Antara/kalselpos.com) -Timnas Indonesia Akan Jajal Tim Peringkat 80-an Dunia di Laga FIFA Match Day

Jakarta, kalselpos.com – Tim nasional Indonesia akan melakukan pertandingan persahabatan FiFA atau FIFA Match Day melawan negara yang sepakbolanya memiliki peringkat sekitar 80-an dunia di rentang 20-28 Maret 2023.

 

Bacaan Lainnya

“Lawannya adalah hasil diskusi saya dengan pelatih Shin Tae-yong. Tidak akan jauh berbeda dari tim sekelas Curacao,” kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (30/1/2023).

 

Timnas Curacao dua kali dilawan Indonesia pada pertandingan persahabatan FIFA, September 2022, di mana skuad “Garuda” memenangi laga-laga itu dengan skor 2-1 dan 3-2.

 

Saat itu, Curacao berada di peringkat 84 FIFA, sementara Indonesia di posisi ke-155 FIFA.

 

Artinya, lawan timnas pada “FIFA match day” Maret memiliki peringkat sekitar 80-an FIFA.

 

Indra Sjafri mengakui PSSI sudah mengontak negara calon lawan timnas. Namun, dia enggan memberitahukan kesebelasan itu datang dari negara mana.

 

“Sabar saja,” kata Indra menegaskan.

 

Sementara soal jumlah pertandingan di “FIFA match day”, Indra Sjafri memastikan PSSI akan memanfaatkan jatah dua laga.

 

Seluruh pertandingan diupayakan berlangsung di Indonesia meski tetap terbuka peluang untuk dilaksanakan di luar negeri.

 

“Kami berusaha digelar di Indonesia karena kami juga ingin memberikan hiburan (kepada masyarakat-red). Akan tetapi, tidak tertutup kemungkinan, jika ada lawan yang mengajak, kami akan bermain di luar negeri,” kata Indra menerangkan.

 

Andai mampu menundukkan lawan pada dua laga persahabatan tersebut, posisi Indonesia di peringkat FIFA bisa terdongkrak.

 

Per 22 Desember 2022, Indonesia bertengger di anak tangga ke-151 FIFA atau terbaik kelima bila dibandingkan negara-negara dalam naungan AFF.

 

Vietnam menjadi negara dengan peringkat FIFA terbaik di lingkup AFF yakni di posisi ke-96. Di bawahnya ada Thailand (111), Filipina (134), Malaysia (145) dan Indonesia (151).

 

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait