Gol Renan ke Gawang Borneo FC Dianulir Wasit, Barito Putera Tak Beranjak Di Papan Bawah

Instagram psbaritoputeraofficial - Pemain Barito Putera, Nazar Nurzaidin berusaha menghadang dua pemain Borneo FC dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia, Sabtu (21/1/2023) malam. Pertandingan berakhir imbang 0-0.

Samarinda, kalselpos.com – Gol yang dibuat center beck Barito Putera, Renan Alves melalui tandukan kepala dianulir wasit di menit pada menit ke-5, membuat Barito Putera harus puas bermain imbang 0-0 melawan Borneo FC dalam pertandingan di Stadion Segiri Samarinda, Sabtu (21/1/2023) malam.

Selain gol Renan dianulir wasit, beberapa keputusan wasit terkesan kontroversial dan merugikan wasit. Puncaknya di menit 90+5, pemaim Laskar Antasari dianggap melalukan pelanggaran di luar kotak 16 besar.

Bacaan Lainnya

Keputusan wasit yang sering merugikan Barito tersebut membuat Renan dan kawan-kawan protes keras hingga berbuah pemain Brazil ini mendapat kartu kuning.

Untungnya tendangan bebas striker Borneo FC, Matheus Pato membentur tiang gawang sebelah kiri Laskar Antasari.

Selain itu penampilan gemilang kiper tim Seribu Seribu Sungai, Joko Ribowo membuat tim kebanggaan Urang Banjar terhindar dari kekalahan.

Tambahan satu poin tersebut, Barito tetap tak beranjak di posisi 17 dengan poin 16 dari 19 kali main, sama dengan RAN Nusantara, sedangkan Borneo FC tetap diperingkat ke-6 dengan 33 poin dari 18 kali bertanding.

Derby Papadaan antara Borneo FC melawan Barito Putera berlangsung cukup menarik.

Tim Laskar Antasari menurunkan dua pemain anyarnya Gustavo Tocantins yang menempati posisi bek sayap kiri yang biasanya ditempati Ferdiansyah.

Ferdiansyah sendiri di plot ke posisi bek sayap kanan, sedangkan Buyung Ismu yang biasanya menempati posisi itu dibangkucadangkan.

Pemain baru lainnya, Aditya Putra Dewa dipasang pelatih Barito Putera, Rodney di bek kiri dan ‘menyimpan’ Frank Sokoy.

Penampilan Gustavo masih belum ‘meyakinkan dan tak padu dengan rekannya, Rafael Silva, Mike Ott serta Ferdiansyah di depan. Mantan pemain Persikabo Bogor ini pun ditarik keluar pada menit 86 dan diganti Rahmat Beri Santoso karena cedera.

Aditya Putra Dewa bermain full hingga menit akhir dan langsung mendapat kartu kuning wasit dari wasit Tabrani di menit 38.

Sejak menit awal, Borneo FC yang berambisi meraih kemenangan supaya bisa menembus tiga besar langsung menekan Barito.

Namun, tim tamu sempat membobol gawang tim berjuluk Pesut Etam melalui sundulan kepala Renan Alves setelah menerima umpan tendangan bebas di menit ke-5.

Namun, wasit Tabrani menganggap cetre back asal Brazil ini melakukan pelanggaran terhadap kiper Borneo, Angga Saputro. Padahal, penjaga gawang lawan lah yang menambrak rekannya sendiri saat memotong bola dan terjatuh. Sundulan kepala Renan cukup bersih saat bola masuk.ke gawang lawan yang sudah kosong.

Setelah itu Borneo terus menekan lini belakang Barito.yang dikawal Renan, Yuswanto, Baggas Kaffa dan Aditya Putra Dewa melalui Pato, Stefano Lilipaly, Kei Hirose dan Taufany.

Di menit 26, umpan terobosan dilakukan Pato ke Taufany, tapi kiper Barito, Joko Ribowo dengan sigap keluar dari sarangnya memotong bola.

Di menit 34, terlihat striker Barito Rafael Silva terlihat marah kepada rekannya dengan mendorong, Mike Ott. Namun, setelah itu keduanya berangkulan berjalan saat memasuki babak kedua.

Tuan rumah kembali mendapat peluang melalui sepakan Leo Guntara di menit 35, tapi bola masih ke samping kanan gawang.

Sebenarnya, Barito yang mengandalkan serangan balik mendapat peluang di menit 42. Berawal dari serangan Rafael diberikan ke Mike Ott dan meneruskan ke Ferdiansyah, tapi bolanya sempat dipotong kiper Borneo.

Memasuki babak kedua, Borneo FC masih mengendalikan permainan. Di menit 52, tendangan Pato melebar ke samping kanan gawang Joko Ribowo.

Untuk menambah daya gedor, Borneo FC memasukan mantan pemain Barito Amrizal Umanailo dan Abdurrahman menggantikan Leo Guntara dan Taufany di menit 62.

Barito pun merespon dengan memasukkan Buyung Ismu menggantikan Ferdiansyah di menit 65 dan menarik keluar Mike serta Bayu Pradana dengan memasukkan pemain anyar Pattrick Alfredo Womsiwor dan M Helmi pada menit 73.

Borneo FC kembali mendapat peluang di menit 85 melalui umpan silang Amrizal, tapi tendangan Pato sangat lemah dan ke samping kanan gawang.

Begitu juga tendangan bebas Pato membentur mistar gawang sebelah kiri pada menit 90+5.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan 0-0 tak berubah.

Baca berita kalselpos lainnya, silahkan download Aplikasi Kalselpos.com di play store

Pos terkait