Menanti Racikan Baru Shin Tae-yong melawan Brunei di Piala AFF

Instagram timnasindonesiainfo - Jadwal pertandingan Indonesia melawan Brunei Darusssalam lanjutan penyisihan Grup A Piala AFF, Senin (26/12) sore.

Banjarmasin, kalselpos.com – Penampilan Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam dalam pertandingan penyisihan Grup A digelar di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (26/12/2022) pukul 17.00 WIB dan disiarkan secara langsung RCTI.

Di atas kertas, pasukan Garuda akan dengan mudah menaklulkan Brunei, apalagi tim ini dalam dua pertandingan terakhir jadi ‘bulan-bulanan’ musuh-musuhnya.

Bacaan Lainnya

Dipertandingan perdana, Thailand membantai Brunei 5-0 dan giliran Filiphina menaklukkannya 5-1.

Secara psikologis, pemain-pemain Brunei sudah down, lelah mental dan fisik saat menghadapi Indonesia. Perasaan akan kembali dihujani gol, membuat meraka akan ‘menumpuk’ dilini pertahanan.

Sebaliknya, Indonesia tampil cukup bagus dan dominan walau pun hanya menang 2-1 atas Kamboja. Banyak peluang emas terbuang lewat Egy, Witan, Edo maupun Abimanyu.

Menghadapi Brunei, kemungkinan Indonesia tidak akan menurunkan kekuatan penuh dan akan menyimpan pemain kunci untuk menjaga kebugaran sekaligus persiapan menghadapi lawan sesungguhnya, Thailand, Kamis (29/12/2022) sore di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Pemain kunci dan rentan cedera seperti Egy Maulans Vikri, Fachruddin atau Jordi Amat, Marc Klok atau Kambuaya, Pratama Arhan serta Asnawi Mangkualam kemungkinan akan disimpan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong diperkirakan tak mau memaksa kemenangan telak dengan memainkan Edo Febriansyah dan Rahmat Irianto yang belum untuk pemanasan sebelum melawan Thailand.

Rizky Ridho dan Hansamu Yama yang belum turun pun, kemungkinan akan dicoba untuk mengisi centre back, sedangkan bek sayap Yakob Sauri dan Saddil Ramdhani.

Namun di lini tengah, akan tetap memainkan Marc Klok atau Ricky Kambuaya maupun Marselino Ferdinand untuk tetap menjaga keseimbangan sekaligus motor serangan Timnas. Sebenarnya masih ada pilihan Syahrian Abimanyu di lini tengah untuk menambah daya gedor.

Di depan, kemungkinan akan mencoba pemain muda Ramadhan Sananta dan Ilija Spasojevic untuk menjebol gawang Brunei.

Kepiawaian Shin Tae-yong meracik susunan pemain maupun strategi bermain tak perlu diragukan lagi. Siapa pun diturunkan, tak akan mengganggu permainan tim.

Pelatih asal Korea Selatan itu pernah melakukannya di Piala Asia U-19 maupun Piala AFF 2021 dengan menyimpan pemain kunci, hasilnya tetap bagus dan meraih kemenangan.

Dengan berubah-ubah komposisi pemain dan strategi dilakukan Shin Tae-yong, sudah pasti musuh-musuhnya tak bisa membaca kekuatan Timnas Indonesia.

Disisi lain, Indonesia memiliki pemain dengan kualitas di atas pemain Brunei, siapa pun diturunkan tak akan berpengaruh besar. Malah ini akan memacu si pemain untuk tampil lebih baik supaya bisa kembali menjadi starter.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tak mau ambil pusing kemenangan telak Thailand maupun Filiphina atas Brunei.

“Filipina memang menang lawan Brunei, tapi saya tak mau liat hasilnya,” kata Shin Tae-yong.

Menurut pelatih asal Korea Selatan ini, dia hanya fokus ke anak asuhnya agar bisa memainkan permainan terbaik supaya menang melawan Brunei.

Berdasarkan pernyataan Shin Tae-yong, kelihatannya tak memikirkan berapa skor gol ke gawang Brunei, yang penting menang.

Timnas Indonesia sudah cukup lama tak bertemu. Terakhir Timnas Indonesia menang 5-0 atas Brunei pada laga persahabatan di Bandar Seri Begawan, September 2012.

Kita tunggu kejutan apalagi disuguhkan Shin Tae-yong saat melawan Brunei. Ayo saksikan pertandingan Timnas Indonesia melawan Brunei, Senin (26/12) sore.

 

Jadwal Pertandingan
Senin (26/12/2022)
– Brunei Darussalam vs Indonesia Pukul 17.00 WIB
– Thailand vs Filiphina Pukul 19.30 WIB
Hasil Pertandingan
Jumat (23/12/2022)
Grup A
– Indonesia vs Kamboja 2-1
– Filiphina vs Brunei 5-1

Klasemen Sementara
Grup A

1. Thailand 1 1 0 0 5-0 3
2. Filiphina 2 1 0 1 7-4 3
3. Indonesia 1 1 0 0 2-1 3
4. Kamboja 2 1 0 1 3-3 3
5. Brunei 2 0 0 2 1-10 0

Hasil Pertandingan
Sabtu (24/12/2022)
– Singapura vs Myanmar 3-2
– Malaysia vs Laos 5-0

Klasemen Grup B
1. Malaysia 2 2 0 0 6-0 6
2. Vietnam 1 1 0 0 0-6 3
3. Singapura 1 1 0 0 3-2 3
4. Myanmar 2 0 0 2 2-4 0
5. Laos 2 0 0 2 0-11 0

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait