Bupati Banjar H Saidi Mansyur Hadiri Pencanangan Reformasi Birokrasi Tematik

Pencanangan Reformasi Birokrasi Tematik dan Peresmian 26 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Senin (5/12) siang kemarin.(ist)fahmi de musfa/ kalselpos.com

Martapura,kalselpos.com-Bupati Banjar H Saidi Mansyur menghadiri Pencanangan Reformasi Birokrasi Tematik dan Peresmian 26 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Senin (5/12) siang kemarin.

Saat itu Bupati Banjar juga turut
menandatangani prasasti secara digital untuk MPP Kabupaten Banjar.

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Ma’ruf Amin menjelaskan reformasi birokrasi Indonesia telah memasuki tahap ketiga roadmap RB Nasional periode 2021-2024, untuk mewujudkan birokrasi yang dinamis menuju birokrasi kelas dunia.

” Namun untuk mencapai cita-cita ini masih ada tantangannya,” ujarnya.

Selaku Ketua Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) Ma’ruf Amin mengapresiasi gagasan penajaman Reformasi Birokrasi Tematik berbasis prioritas program pembangunan yang di inisiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)

Ia menekankan bahwa RB tematik perlu didorong untuk memperkuat peran birokrasi dalam mendukung agenda prioritas nasional baik agenda penanggulangan kemiskinan, kemudahan investasi, digitalisasi administrasi dan program prioritas lainnya.

” Oleh karena itu KemenPAN RB dan Kementerian, lembaga lain serta seluruh pemerintah daerah mutlak untuk mendukung pelaksanaan komitmen RB tematik.

Ia juga mengapresiasi pimpinan daerah yang telah berbenah melaksanakan program penyederhanaan birokasi, transformasi birokrasi ini selanjutnya diikuti dengan penerapan mekanisme kerja baru.

Ma’ruf Amin mengatakan saat ini terdapat 77 MPP yang sudah diresmikan di kabupaten/kota diseluruh Indonesia, di tambah dengan 26 MPP yang diresmikan pada hari ini.

” Keberadaan 103 MPP ini tidak hanya menandakan keberhasilan pemenuhan target tahun 2022 tapi juga menjadi bentuk konkret hasil kolaborasi antar sektor menuju integrasi penyelenggaraan pelayanan publik berkualitas bagi masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, salah satu cara untuk mewujudkan reformasi birokrasi tematik adalah menyediakan pelayanan yang berkualitas untuk masyarakat.

” Kehadiran MPP ini mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan perizinan maupun non-perizinan di satu tempat,” katanya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan prasasti secara digital yang ditanda tangani oleh MenPANRB dan 26 kepala daerah yang disaksikan langsung Wapres menandai telah diresmikannya 26 MPP tersebut.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait