Terjadi lagi, Siswa SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin terserang Gatal-gatal

Salah satu tangan murid SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin terserang penyakit gatal-gatal.Muhammad Fudail/ kalselpos.com

Banjarmasin, kalselpos.com – Tidak hanya murid SDN Alalak Utara 3, kini sejumlah anak yang bersekolah di SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin yang berada di Jalan Tembus Mantuil, Gang Sartika juga diserang penyakit gatal-gatal atau scabies.

Terlihat, sejumlah anak SDN Kelayan Selatan 1 Banjarmasin itu nampak melihakan tangan mau pun kakinya seperti basah dan ada yang berdarah.

Bacaan Lainnya

Salah satu murid, Arika mengaku sudah tiga bulan terakhir dirinya menderita penyakit gatal itu yang hanya menyerang pada kedua belah telapak tangannya.

“Dulu sempat sembuh mengering tapi tertular lagi jadi gatal lagi,” ujar Arika.

Diakui siswa kelas 4 itu, penyakit ini tidak hanya menyerang dirinya saja. Tapi juga menyerang saudaranya di rumah yang memang tejangkit.

Sementara itu, Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Muhammad Ramadhan mengatakan bahwa dirinya sudah mengintruksi Puskesmas Pekauman untuk melakukan pengobatan mau pun pemeriksaan intensif.

“Dari informasi kepala sekolah murid yang terserang penyakit gatal-gatal itu sudah melakukan perobatan, namun tidak maksimal,” ujar Ramadhan, Senin (05/12/12).

Ramadhan juga mengungkapkan penyakit gatal-gatal ini adalah akbit lingkungan disertai cuaca yang tidak mendukung seperti banjir rob.

” Banjir ini jadi menyetus murid terserang scabies tersebut, jadi warga harus berperilaku hidup sehat dan bersih,” katanya.

Ramadhan, juga menyarankan kepada kepada kepala sekolah yang ada di Banjarmasin jika siswa terserah penyakit gatal-gatal harus di istirahatkan.

“Jadi siswa bisa insentif untuk beristirahat. Kami juga meimbau kepada masyarakat tetap harus berpilaku hidup bersih dah sehat,” tandasnya.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait