Raperda Pengembangan Ekonomi Kreatif di Banjarmasin segera selesai

Ketua Panitia Khusus Raperda Pengembangan Ekonomi Kreatif, Zainal Hakim.Aspihan Zain / kalselpos.com

BANJARMASIN, kalselpos.com – Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pengembangan ekonomi kreatif Kota Banjarmasin, Zainal Hakim menyebut bahwa proses pembahasan peraturan daerah tersebut segera rampung dilakukan.

“Kemungkinan satu kali lagi kita lakukan pembahasan raperda ini, sekaligus finalisasi untuk kemudian diparipurnakan,” ujar Zainal Hakim, kepada wartawan, usai pembahasan bersama mitra kerja, Senin (21/11/2022).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, saat ini dalam pertemuan dengan mitra kerja tersebut, sudah sampai pada pembahasan pasal 32 hingga pasal 50.

“Pasal itu sudah lebih spesifik membahas terkait dukungan dan fasilitasi pemerintah, berkenaan dengan pengembangan usaha kreatif yang ada di Banjarmasin,” jelasnya.

Secara khusus terangnya, pada pasal 43 disebutkan bahwa pemerintah menyediakan ruang kreasi, kreatif dan pusat pemasaran sebagai sarana dan prasarana terpusat untuk pengembangan ekonomi kreatif di Banjarmasin.

“Disampaikan dinas tadi, pasal 43 ini akan difasilitasi di rumah sasirangan kreatif yang sedang dibangun,” bebernya.

Untuk sarana dan prasarana di rumah sasirangan kreatif bagi pelaku ekonomi kreatif ini, direncanakan pada tahun 2023 siap digunakan.

“Semoga melalui payung hukum ini, nantinya pelaku ekonomi kreatif di Banjarmasin lebih berkembang dengan 17 sub sektor ekonomi kreatif didalamnya,” harapnya.

Pemko Banjarmasin yakin Zainal, diminta dapat memfasilitasi pada proses hak kekayaan intelektual pelaku ekonomi kreatif, dan itu memang merupakan tugas pemda.

“Seperti pelatihan hingga pemasarannya, termasuk memfasilitasi dalam event-event besar,” tandasnya.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait