Pasokan Gas Elpiji 3 Kg di Palangka Raya Stabil

Pasokan dan ketersediaan gas elpiji 3 kg di Kota Palangka Raya masih aman, lancar dan stabil.(Foto: Istimewa)

Palangka Raya, kalselpos.com– Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Hadriansyah, memastikan pasokan dan ketersediaan gas elpiji 3 kg di kota setempat, masih aman, lancar dan stabil.

“Pasokan gas elpiji 3kg lancar-lancar saja. Bahkan menurut pihak Pertamina kuotanya bakal ditambah. Tidak hanya itu, informasinya juga ada penambahan satu agen gas elpiji di Palangka Raya. Nah, berarti kan pasokan dan kuotanya bertambah lagi,” ungkap Hadriansyah, Kamis (29/9).

Bacaan Lainnya

Disebutkan Adau begitu sapaan akrab Hadriansyah, untuk kebutuhan dan jumlah dari kuota tahunan gas elpiji 3kg di Kota Palangka Raya, yakni 9.435MT atau 3.145.053 tabung. “Realisasi penyaluran saat ini yakni 6.775MT atau 2.258.480 tabung,” sebutnya.

Menurut Adau, jika penyaluran atau distribusi lancar maka dapat dipastikan tidak ada kelangkaan tabung gas melon 3kg tersebut di pasaran ataupun kenaikan harga. Namun, begitu perlu diwaspadai adalah adanya oknum yang bermain atau memanfaatkan momen-momen seperti saat ini.

“Jadi yang kami kedepankan dalam menjaga pasokan gas elpiji adalah pengawasan dan koordinasi. Ini harus dilakukan bersinergi. Terutama dengan pihak Pertamina,”tukasnya.

Sementara itu bicara soal penambahan quota elpiji subsidi khusus 3kg, maka kata Adau, lagi-lagi berpulang bagaimana koordinasi dengan pihak Pertamina.

“Intinya, kalau penyalurannya lancar maka tidak ada kelangkaan ataupun kenaikan harga. Berbeda kalau adanya oknum yang memanfaatkan situasi tertentu, maka dapat menyebabkan hal tersebut terjadi,”ujarnya.

Perlu diketahui tambah Adau, untuk harga eceran tertinggi atau HET dari gas elpiji 3kg bersubsidi itu, mengacu keputusan Wali Kota Palangka Raya, Nomor 188.45/102/2021, dimana ditegaskan HET gas elpiji 3kg dari pangkalan yakni Rp22ribu.

“HET gas elpiji 3kg berkisar Rp22ribu ini berlaku untuk Kecamatan Pahandut, Jekan Raya, Bukit Batu dan Sebangau. Sedangkan Kecamatan Rakumpit berlaku HET gas elpiji 3kg berkisar Rp24ribu,” demikian Adau.

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait