Komisi II DPRD Kalsel Sambangi Yogyakarta Gali Informasi Retribusi Sektor Kelautan dan Perikanan

Komisi II DPRD Kalsel, dinas Kelautan perikanan Kalsel bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) disela sela kegiatan study komparasi.(ist)

Yogyakarta, kalselpos.com – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sambangi
Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Isimewa Yogyakarta (DIY).

Kedatangan rombongan komisi II ini untuk mendalami pengetahuan tentang pengelolaan retribusi sektor kelautan dan perikanan.

Bacaan Lainnya

Selama ini memang DIY termasuk daerah penghasil maupun memiliki potensi sangat tinggi disektor perikanan sehingga wajar Kalsel menjadikan Yogyakarta sebagai rujukan.

“Semoga dari DIY menjadi bekal untuk mengembangkan potensi kelautan di banua.. Apalagi Yogyakarta sudah memiliki budidaya udang, ikan mas dan nila. Itu tentu juga akan kita lakukan di Kalsel,” ujar Imam Suprastowo kepada Kalselpos com didampingi anggota lainnya serta Kepala dinas kelautan perikanan Kalsel,Rusdi Hartono Rabu (28/09).

Ia menambahkan Kalsel sendiri memiliki banyak potensi hanya saja belum tergarap. Oleh karenanya studi komparasi bersama rombongan bertujuan menggali berbagai potensi hasil tangkapan laut yang bisa dikembangkan di Kalsel karena orientasinya jelas demi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Perihal
Kalsel pantai-pantainya memang dangkal, sehingga diperlukan terobosan atau inovasi guna memaksimalkan potensi pantainya

“DIY sendiri ada retribusi pelayanan kepelabuhanan di PPP Sadeng, di antaranya ada jasa tambat, jasa labuh, jasa pass masuk, penggunaan tempat terbuka, penggunaan tempat tertutup, air bersih dan penggunaan cold storage, ” sebutnya.

Lanjut Imam retribusi penjualan produksi usaha daerah di Balai pengembangan teknologi perikanan budidaya Cangkringan, berupa unik kerja budidaya air tawa, unit kerja budidaya air payau, dan budi daya air laut.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan DIY,Hery Sulistio Hermawan mengungkapkan terima kasih atas kunjungan komisi II DPRD Provinsi Kalsel. Semoga hasil pertemuan kali ini
membangun silaturahmi dan sekaligus pengembangan potensi wilayah masing-masing.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

 

Pos terkait