Satgas Kebersihan se Banjarmasin ikuti Lomba mengeruk Lumpur

Sejumlah Satgas kebersihan kelurahan se-Kota Banjarmasin ikuti lomba mengeruk lumpur di sungai Veteran.(istimewa)Muhammad Fudail.kalselpos.com

Banjarmasin, kalselpos.com – Guna mencegah terjadinya banjir, sejumlah Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan se Kota Banjarmasin mengikuti lomba mengeruk lumpur di sungai Veteran, Banjarmasin Timur, Sabtu (24/09/22) siang.

Nampak ratusan Satgas berbondong-bondong mengeruk lumpur ataupun sampah yang sudah lama mengendap di dasar sungai.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, pada awal tahun 2021 kawasan Kelurah Kuripan terdampak banjir begitu parah lantaran sungai tersebut tidak berfungsi normal.

Sekretaris Daerah Banjarmasin, Ikhsan Budiman mengatakan, bahwa sungai Veteran juga akan menjadi sasaran program normalisasi oleh Pemerintah Pusat.

Sebab banjir besar yang melanda pada awal Januari 2021 lalu, juga dipicu oleh meluapnya Sungai Veteran akibat pendangkalan dan penyempitan.

“Mungkin dalam tahun ini. Dimana ada beberapa titik penyempitan badan sungai,” ujar Ikhsan Budiman, kepada wartawan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan, Anang Padli menjelaskan, tercatat ada 27 tim Satgas Kebersihan dari lima Kecamatan, yang mengikuti lomba mengangkut lumpur dan sampah dalam rangka Hari Jadi Ke-496 Kota Banjarmasin itu.

“Satu tim terdiri dari tujuh orang. Total panjang sungai yang dilombakan sekitar 20 meter lebih dengan lebar 3 meter. Kita pusatkan di sekitar komplek Sepakat,” katanya.

Sungai Veteran di area tersebut belum sempat tersentuh program normalisasi sungai.

“Karena faktor banyaknya jembatan dan pohon, alat berat tidak bisa masuk melakukan pengerukan di area ini. Maka dari itu kegiatan kita pusatkan di area Komplek Sepakat,” tandasnya.

Untuk hadih lomba mengeruk lumpur dan sampah satgas kebersihan kelurahan se-Kota Banjarmasin itu mencapai Rp10 juta.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait