Wisata Loksado terus dikembangkan menjadi lebih baik

Salah satu objek wisata favorit Loksado, Air terjun Haratai.(ist)Antara.kalselpos.com

Kandangan, kalselpos.com – Pariwisata di Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan bakal terus dikembangkan menjadi lebih baik.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) kini terus membenahi kawasan pegunungan Meratus yang sejak 2018 ditetapkan sebagai kawasan geopark nasional itu.

Bacaan Lainnya

Melalui Badan Pengelola (BP) Geopark Meratus, pemerintah daerah serius mengusulkan Geopark Meratus menjadi UNESCO Global Geopark, yang penilaiannya dimulai tahun 2022 ini.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kalsel, Nurul Fajar Desira mengatakan BP Geopark Meratus sudah mengidentifikasi 70 lebih geosite atau situs geografis, tersebar di hamparan pegunungan Meratus dari tenggara Kabupaten Kotabaru hingga ke utara di Kabupaten Tabalong.

Salah satu geosite itu adalah Loksado yang disebut Nurul Fajar, unik karena selain ada bebatuan yang memang menjadi ciri khas di dalamnya juga kekayaan budaya masyarakat Suku Dayak serta memiliki endemik aneka flora dan fauna khusus.

Menurutnya, Loksado memenuhi semuanya, ada geologi (geodiversity), hayati (biodiversity) dan budaya (cultural diversity), sehingga jadi prioritas pengembangan Geopark Meratus, di samping.

“Beberapa titik mudah longsor menjadi fokus kami, selain itu diupayakan pelebaran jalan menuju Loksado,” ungkapnya.

Upaya tersebut tidak lain sebagai bukti keseriusan pemerintah, dibantu seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat untuk merawat Loksado yang mendunia agar tetap menarik minat kunjungan wisatawan, baik lokal maupun luar negeri.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait