Lok Buntar telah direstorasi untuk dijadikan Destinasi Wisata

Kawasan Ekowisata Bekantan Lok Buntar, Tapin, Kalimantan Selatan.(ant)kalselpos.com

Tapin, kalselpos.com – Sekarang ini kawasan Lok Buntar di Desa Lawahan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) telah terlihat hijau rindang, dan sudah dihuni oleh satwa liar dilindungi, salah satunya hewan Bekantan mulai berkembang biak.

Lahan tersebut merupakan kawasan hutan rawa galam yang memiliki luas 74 hektar telah direstorasi untuk dijadikan destinasi wisata andalan Tapin.

Bacaan Lainnya

Kawasan tersebut dulunya gersang dan tandus akibat kebakaran hutan, sekarang telah direstorasi untuk dijadikan destinasi wisata andalan Tapin.

Hal ini diungkapkan Jeni selaku petugas ekowisata beberapa waktu lalu.

“Kami terus berbenah dan berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan keanekaragaman hayati di kawasan yang dijadikan sebuah ekowisata Bekantan Lokbuntar di Desa Lawahan ini,“ katanya.

Disamaikannya, Bekantan yang sudah berkembang biak termonitor sebanyak 18 ekor.

Selain Bekantan, berbagai macam satwa liar yang hidup di kawasan tersebut, seperti Burung, biawak, Kadal dan Unggas.

Sedangkan restorasi yang telah dilakukan penanam kembali seperti pohon Balangeran, Sengon, Galam, Pulantan, Bintaro, serta bibit pohon cadangan yang siap untuk ditanam untuk kegiatan tambal sulam pohon yang mati.

Ia berharap kawasan ekowisata Bekantan ini akan segera dibuka untuk umum dengan berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar menambah kebutuhan yang masih kurang di kawasan tersebut.

“Ekowisata di Lok Buntar ini sudah biasa dikunjungi, seperti Mahasiswa Unlam dan para pelajar di Kabupaten Tapin guna pembelajaran,” pungkasnya

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait