4 Kelurahan di Palangka Raya Mulai Tergenang Banjir

Kondisi genangan air di Jalan Anoi Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. (Foto: Istimewa)(santos).(kalselpos.com)

Palangka Raya, kalselpos.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Emi Abriyani menyebutkan, ada empat kelurahan di Kota Palangka Raya, yang kawasannya mulai terdampak banjir akibat tingginya debit air sungai. Empat kelurahan tersebut, yakni Kelurahan Tanjung Pinang, Bereng Bengkel, Palangka dan Petuk Ketimpun.

Adapun secara rinci banjir di Kelurahan Tanjung Pinang terpantau di Baku Merang dan Jalan Bengaris 5. Berikutnya di Kelurahan Bereng Bengkel dimana jalan menuju kelurahan itu kondisinya sudah terendam. Begitupun kawasan Kameloh Baru juga sudah mulai tergenang.

Bacaan Lainnya

Sedangkan di Kelurahan Palangka, tepatnya Jalan Anoi, terpantau rembesan air sudah mulai memasuki badan jalan itu, dimana ketinggian air berkisar 20 cm. Bahkan pada sebagian kawasan ketinggian air sampai dengan sepinggang orang dewasa. Kondisi serupa juga terlihat di Jalan Mendawai 1, dimana ketinggian air sudah terlihat cukup tinggi.

“Laporan terakhir dari Kelurahan Petuk Ketimpun, dimana akses jalan menuju kelurahan itu sudah mulai terendam,” beber Emi, Sabtu (10/9).

Penyebab banjir itu sendiri tambah Emi, lebih dikarenakan banjir kiriman dari wilayah Kabupaten
Gunung Mas. “Air biasanya mengalir dari hulu ke hilir sungai Kota Palangka Raya,” imbuhnya.

Kenaikan debit air terang dia, sudah terpantau dalam waktu tiga hari belakangan ini. Awalnya naik sekitar lima centimeter, perlahan 10 sampai 20 cm dan terus berangsur naik.

“Apabila kondisi air terus naik, maka kami akan segera melaporkan ke Wali Kota Palangka Raya, guna menetapkan status siaga darurat bencana banjir,” tandas Emi.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait