BKKBN RI Launching Program Dashat di Kampung KB Kuin Utara Banjarmasin

Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo didampingi Kepala BKKBN Kalsel, Ramlan melaunching dapur sehat atasi stunting di Kampung KB Kuin Utara Banjarmasin.(ist) Anas Aliando/Relhum(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI
melaunching Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) Pisang Hijau (Pikul Bersama Stunting Hilang Bejauh) di Kampung KB Kuin Utara Banjarmasin, sekaligus mengukuhkan bapak asuh anak stunting, Selasa (6/9/2022).

Launching Dashat dan pengukuhan bapak asuh anak stunting dilakukan langsung oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo didampingi Kepala BKKBN Kalsel, Ramlan.

Bacaan Lainnya

Hasto Wardoyo mengatakan launching Dashat ini bertujuan agar masyarakat dapat lebih diberdayakan lagi, dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting.

“Penerapan Dashat
memanfaatkan potensi lokal, sasaran utama keluarga kurang mampu yang berisiko stunting, agar mereka paham mengenai gizi seimbang,” kata Hasto.

Oleh karena itu, di dalam program Dashat, kunci utamanya, yaitu harus menyediakan gizi seimbang mulai dari karbohidrat, protein, lemak dan lainnya.

“Jadi program Dashat harus lengkap gizinya agar dapat mencegah stunting sedini mungkin. Oleh karena itu, Dashat ini menjadi contoh dan harapan saya agar stunting di Kalsel dapat menurun,” ungkapnya.

Hasto mengatakan, selain program Dashat, pihaknya juga mengapresiasi kepada Danrem 101 Antasari sebagai bapak asuh anak stunting yang serius dalam mengemban tugas membantu percepatan penurunan stunting.

“Sudah jelas kita harus mencegah lahirnya anak stunting baru mulai dari 1.000 hari kehidupan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Kalsel, Ramlan mengatakan program Dashat ini sudah dicanangkan sebanyak 15 Kampung KB di Kalsel.

“Tentu ini merupakan suatu potensi besar untuk pemberdayaan berbasis masyarakat, termasuk dalam upaya penurunan kasus stunting dengan meningkatkan gizi seimbang,” kata Ramlan.

Oleh karena itu, BKKBN menginisiasi sebuah rencangan kegiatan yang disebut Dashat di kampung keluarga berkualitas sebagai upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting.

“Dengan dilaunchingnya Dashat di Banjarmasin, diharapkan kasus stunting dapat menurun,” pungkasnya.

 

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait