Baznas Kalsel Kerjasama Shafwah Akan Belikan Trail Bagi Pedakwah Pedalaman Meratus

- Ketua Baznas Kalsel, Drs H Irham Safari sedang menyampaikan tentang rencananya membantu sepeda motor trail buat pedakwah pedalaman dalam zoom meeting. Syaiful Anwar(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Medan yang cukup berat, berupa gunung, tanjakan dan turunan, membuat pedakwah yang ingin menyebarkan agama Islam di Pegunungan Meratus mengalami kesulitan menjalaninya.

Melihat perjuangan para dai Banua dalam menyebarkan agama Islam di Pegunungan Meratus itulah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel bekerjasama dengan Shafwah Holidays Jakarta tergerak hatinya ingin membelikan sepeda motor trail, supaya lebih mudah menjejalahi daerah terpencil.

Bacaan Lainnya

Ketua Baznas Kalsel, Drs H Irhamsyah Safari dalam jumpa pers melalui zoom meeting, Rabu (8/9/2022) mengungkapkan, dipilihnya membantu dai pedalaman meratus, karena tidak mudah bagi juru mereka untuk menyampaikan ayat-ayat Allah ke pedalaman Kalimantan Selatan, khususnya Pegunungan Meratus.

“Jalanan yang curam dan tanjakan cukup tinggi, belum lagi pada saat musim hujan medan yang ditempuh licin dan berlumpur bahkan harus menyeberangi sungai tanpa jembatan. Dakwah mereka tidak kenal waktu, siang maupun malam ketika umat memerlukan bimbingan,” paparnya.

Akibat menggunakan sarana transportasi seadanya, mengakibatkan motor kerap tergelincir dan jatuh ketika menaiki tanjakan dan turunan medan yang curam dan licin. Bahkan ada diantara dai yang terluka dan mengalami patah tulang

Ditambahkan Irham, kondisi ini tidak menyurutkan semangat para dai dalam menyebarkan dakwah dan pembinaan ke pelosok pedalaman adalah ketertarikan orang-orang suku pedalaman yang mulai bersimpati dengan ajaran Islam.

Mengutif salah pedakwah yang disampaikan warga pedalaman mengungkapkan, ““Kami kapingin ai ba Islam, tapi musti garang dahulu kami dibina, mun anggaran kada diurusui, jaka kami tatap haja mambina balai” (Kami ingin memeluk agama Islam, tapi apakah kami akan dibina? Kalau tidak, lebih baik kami tetap dengan agama lama),” ujarnya.

Menurut Ketua Baznas, jalur dakwah yang mereka tempuh dan bina seputaran Kecamatan Loksado, yaitu Dusun Kadayan Desa Haratai, Dusun Pacung, Desa Kamawakan, Tumingki, Haratai, Lokbahan dan Paniungan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan.

Mengenai jumlah sepeda motor trail yang akan dibantu, lanjut Irham, masih belum bisa memastikan, tergantung bantuan nanti.

Sementara itu, menurut VP Sales dan Marketing Shafwah Holidays, Sania Humaira Helmi mengungkapkan Shafwah dan Baznas Kalsel bekerjasama dalam mengumpulkan dan mendistribusikan infak/sedekah atau sumbangan tidak mengikat dari jamaah yang bergerak dalam pada bidang agen perjalanan haji, umrah dan wisata halal.

Kolaborasi ini ditandai dengan Surat Perjanjian Kerjasama yang disetujui oleh kedua belah pihak pada tanggal 31 Agustus 2022 dan berlaku selama satu bulan, terhitung September hingga Oktober.

Isi perjanjian atau PKS ini meliputi penggalangan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang merupakan dana pelanggan/jamaah terhadap transaksi produk-produk Shafwah Holidays. Secara spesifik kerja sama ini berlaku khusus Shafwah Cabang Banjarbaru.

Adapun hasil pengumpulan ZIS disalurkan kepada program-program Baznas Kalsel, terutama saat ini kepada program pengadaan motor trail untuk juru dakwah/dai di pedalaman Meratus.

“Nantinya setiap jamaah/konsumen yang bertransaksi produk Shafwah Cabang Banjarbaru secara otomatis juga sudah melakukan infak dan sedekah kepada Baznas Kalsel. Ini menjadi kerja sama yang baik karena setiap transaksi berarti bernilai ibadah bagi jamaah/konsumen kami,” ujarnya.

Acara zoom meeting tersebut dihadiri Pimpinan Baznas Kalsel dan undangan lainnya dipandu Anggun Fii Jannatin
Marketing Communication Shafwah.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait