Warung Gratis Hadir di Kawasan Masjid Jami

WARUNG GRATIS-arung kopi gratis merupakan wadah beramal dan berbagi untuk para jemaah Masjid Jami dan Peziarah Guru Zuhdianoor.(ahmad fauzi)(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com -Sebuah warung kopi gratis berdiri di kawasan Mesjid Jami Sungai Jingah Jalan Mesjid Jami Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan belum lama ini.

Di warung ini semua orang boleh minum dan makan kue tanpa harus bayar alias gratis.
Warung ini dibangun layaknya warung dipinggiran jalan. Sebuah spanduk bertuliskan ‘warung gratis’ tampak jelas didepannya. Siapa pun yang berada dikawasan Mesjid itu boleh menikmatinya.

Bacaan Lainnya

Warung gratis ini buka setiap hari mulai pukul 04.00 hingga 21.00 Wita. Meski gratis, menu yang disajikan tidaklah murahan. Menu yang disajikan berupa kopi, teh, air hangat dan air mineral. Tak hanya itu, warung yang sering digunakan jemaah menunggu waktu shalat ini juga menyediakan aneka kue yang selalu berganti setiap harinya.

Mulai dari kue dadar gulung,Lemper dan aneka kue lainnya. “Setiap harinya menghabiskan sekitar enam sampai dua belas kilogram gula pasir, empat sampai enam bungkus besar kopi dan juga sepuluh bungkus teh,” ucap Ahmad Sarbini selaku Ketua Ikatan Jemaah Subuh dan Pengelola Warung Gratis kepada kalselpos.com Senin (5/9/2022).

Ahmad mengatakan, warung gratis ini didirikan sebagai wadah untuk beramal dan untuk memberikan rasa nyaman saat beribadah di Masjid. “Selain wadah menunggu tibanya waktu shalat, warung dengan konsep berbagi ini juga untuk para musafir yang berziarah ke makam Guru Zuhdi,” sebut Ahmad.

Warung yang didirikan Komunitas Ikatan Jemaah Subuh ini juga menerima sumbangan dalam bentuk apapun dari para dermawan yang ingin beramal.

Salah seorang pengunjung warung gratis, Ibnu Ilyas mengaku senang bisa menikmati diwarung kopi gratis. Hanya saja pengunjung yang datang diharapkannya jangan lah sampai berlebihan atau lupa diri. “Saya rasa warung ini sangat menolong namun jangan sampai mentang-mentang gratis orang yang datang bisa menikmati secara berlebihan,” katanya.

Senada dengan pengunjung lainnya,Khairani mengatakan, warung gratis ini sangat cocok bagi para peziarah. ” Ini cukup membantu terutama bagi para peziarah Guru Zuhdianoor yang datang dari jauh,” ungkapnya.

Sementara pengunjung lainnya
Halmaki menyenangi dengan adanya konsep berbagi dan beramal warung gratis ini. “Saya sangat senang terutama bagi para jemaah, yang penting ada rasa persaudaraan dan kebersamaan,” ungkap Halmaki.

Banyak para donatur yang setiap harinya memberikan sumbangan pada warung yang sudah berjalan hampir empat bulan ini.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait