Warga Tatah Bangkal Tengah digegerkan kemunculan Buaya

Salah satu warga menunjukkan lokasi bekas kemunculan buaya.Muhammad Fudail(kalselpos.com)

BANJARMASIN,kalselpos.com – Warga Desa Tatah Bangkal Tengah, Kelurahan Gunung Makmur, Kecamatan Tatah Makmur, Kabupaten Banjar berbatasan dengan Kota Banjarmasin, digegerkan oleh kemunculan Buaya berukuran sekitar Tiga hingga Empat Meter.

Kehadiran buaya diperairan Desa Tatah Bangkal Tengah itu membuat warga setempat tak berani lagi beraktivitas di sungai.

Bacaan Lainnya

Warga setempat, Darsani (50) mengaku dirinya melihat secara langsung buaya tersebut berkeliaran di sungai.

“Ya malam buaya itu timbul, tidak hanya satu ekor saja tetapi ada beberapa buaya yang menampakkan kepalanya,” ujar Darsani, Selasa (30/08/22).

Usai melihat Buaya, Darsani panik sehingga tidak berani lagi mencari ikan di sungai tersebut.

Buaya itu juga dikabarkan sudah memakan itik punya warga setempat.

“Tiga ekor itik sudah dimakannya,” katanya.

Sementara itu, Rusli yang sering ke sungai untuk memancing undang, kini sudah hampir satu bulan tidak berani turun.

“Rata-rata, warga sini bekerja sebagai petani dan pencari ikan. Maka ketika ada buaya di sungai, kami jadi khawatir,” ungkapnya.

“Kami berharap buaya itu bisa segera ditangkap. Agar kami dan warga lainnya bisa nyaman bekerja seperti biasa,” tandasnya.

Menurut, Wakil Ketua Tim Animal Rescue, Andy Putera, membenarkan bahwa jumlah buaya yang tampak itu lebih dari seekor.

“Dari informasi yang kami himpun, buayanya ada empat ekor. Dua di Sungai Tatah Bangkal Tengah, dan dua lainnya di muara sungai arah Aluh-aluh. Jenisnya buaya muara,” terangnya.

Ketika mendapatkan adanya informasi terkait kemunculan buaya itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel.

Namun, lantaran pihak terkait belum bisa merapat ke lokasi dikarenakan masih ada kegiatan di luar daerah, pihaknya pun berinisiatif untuk berangkat.

 

“Karena posisi kami paling dekTatah at dengan lokasi. Lalu, lantaran sungai yang menjadi lokasi penampakan buaya, itu tembus ke Sungai Kelayan. Kami mengimbau, bagi warga yang tinggal di sekitar sungai yang menjadi lokasi penampakan buaya, agar kiranya dapat berhati-hati ketika menjalankan aktivitasnya,” pungkasnya.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait