PBS Diberi Waktu Hingga Akhir Agustus Bantu Perbaiki Lingkar Selatan

Bupati Halikinnor dan jajaran memantau kondisi Jalan Muhammad Hatta atau jalan lingkar selatan, Kamis (18/8).(Foto Istimewa)Ruslan AG(kalselpos.com)

Sampit, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memberi waktu hingga akhir Agustus ini kepada perusahaan besar swasta (PBS) untuk memenuhi janji membantu perbaikan Jalan Muhammad Hatta atau lingkar selatan Sampit.

Bupati Kotim Halikinnor mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu dana sumbangan perusahaan segera terkumpul. Dia berharap perbaikan jalan khusus angkutan berat itu bisa rampung akhir Agustus ini.

Bacaan Lainnya

“Jika sampai akhir Agustus nanti perusahaan yang tidak menyetor bantuan tersebut, maka pemerintah daerah akan menyikapinya. Tindakan mungkin dilakukan dari sisi pelayanan, misalnya dengan tidak akan memberikan pelayanan perusahaan yang tidak berkontribusi,” kata Halikinnor di Sampit, Kamis (18/8/2022).

Halikinnor didampingi Sekretaris Daerah Fajrurrahman dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kaspulzen Hariyanto, kembali meninjau kondisi jalan lingkar selatan.

Saat ini Dinas PUPR sedang membuat parit di sisi jalan lingkar selatan. tujuannya agar jalan di bawah kewenangan pemerintah provinsi itu tidak tergenang saat hujan deras sehingga tidak cepat rusak.

Tanah hasil kerukan pembuatan drainase itu diangkat dan digunakan untuk meratakan kubangan-kubangan di jalan tersebut. Langkah ini dinilai sebagai upaya darurat dengan memanfaatkan bahan yang ada tanpa harus membelinya.

Jalan lingkar selatan merupakan jalan khusus angkutan berat dari dan menuju Pelabuhan Bagendang. Pengelolaan jalan ini berada di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi Kalteng.

Kerusakan jalan tersebut mencapai sekitar 1.825 meter dan dibutuhkan sekitar Rp4,7 miliar untuk memperbaikinya dengan material agregat B. Sebelumnya sudah disepakati perbaikannya dibiayai melalui sumbangan dana perusahaan besar perkebunan kelapa sawit, kehutanan, transportir dan lainnya.

Untuk perusahaan perkebunan kelapa sawit, ada 57 perusahaan yang berkomitmen akan membantu perbaikan jalan itu. Namun hingga kini baru 22 perusahaan yang sudah menyetor bantuan masing-masing Rp50 juta.

Masih ada puluhan perusahaan yang belum menyetorkan sumbangan, termasuk perusahaan-perusahaan selain perkebunan kelapa sawit.

Halikinnor berharap perbaikan jalan lingkar selatan bisa dilaksanakan dan rampung Agustus ini. Dia meminta kesadaran perusahaan untuk merealisasikan bantuan, apalagi jalan itu juga untuk kepentingan angkutan perusahaan.

“Jika tetap tidak ada kepedulian, kami juga akan laporkan ke pimpinan di atas dan kami juga akan telisik lagi perizinan mereka, apakah sudah lengkap dan bagaimana kewajibannya terhadap pemerintah. Akan kami audit nanti kalau memang tidak ada niat baik membantu,” kata Halikinnor.

Menurutnya, sumbangan Rp50 juta dinilai tidak memberatkan bagi perusahaan besar swasta, khususnya perusahaan perkebunan kelapa sawit. Apalagi selama ini perusahaan juga menikmati cukup besar dari sumber daya alam di Kotim.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait