Pembangunan Gedung DPRD Banjarmasin resmi dimulai

Groundbreaking atau tanda dimulainya pekerjaan penambahan pembangunan gedung wakil rakyat di Jalan Lambung Mangkurat, Selasa (2/8).(istimewa) Aspihan Zain (kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com– Penambahan gedung baru DPRD Kota Banjarmasin yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp39 miliar resmi dimulai.

Groundbreaking atau tanda dimulainya pekerjaan penambahan pembangunan gedung wakil rakyat di Jalan Lambung Mangkurat itu, dilakukan oleh Wali Kota Banjarmasin, Selasa (2/8/2022).

Bacaan Lainnya

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dalam sambutannya mengatakan, direalisasikannya pembangunan Kantor DPRD Kota Banjarmasin, karena kondisi gedung lama sudah tidak memadai.

“Gedung lama harus kita akui sudah tidak memadai lagi, sehingga dibutuhkan penambahan pembangunan gedung baru yang lebih representatif,” ujar Ibnu Sina.

Pihaknya berharap, dengan pembangunan gedung baru ini, anggota DPRD Kota dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara lebih maksimal, baik dalam melaksanakan fungsi legislasi, anggaran maupun pengawasan.

“Demikian juga dalam memberikan mutu pelayanan kepada masyarakat untuk kepentingan peningkatan pembangunan Kota Banjarmasin,” harap Ibnu Sina.

Hadir dalam acara tersebut seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah undangan.

Dilaporkan pelaksanaan proyek penambahan Kantor DPRD dengan memanfaatkan lahan di samping gedung lama itu dikerjakan dengan sistem multiyears selama dua tahun anggaran yaitu 2022 hingga 2023.

Selaku kontraktor pelaksana proyek dikerjakan oleh PT Rancang Bangun Banua dengan konsultan pendamping PT Wiraguna Sarana Teknik (WST).

Perencanaan penambahan gedung Kantor DPRD Kota Banjarmasin direncanakan sejak tahun 2015 dan baru terealisasi tahun 2022 setelah desain engineering development (DED) direvisi tahun 2021 lalu.

Ketua DPRD Kota Banjarmasin Harry Wijaya berharap, pelaksanaan penambahan gedung dewan ini berjalan lancar dan tanpa hambatan sehingga dapat diselesaikan tepat waktu.

Penambahan gedung baru jelas Harry, karena kondisi gedung lama yang usianya sudah puluhan tahun dirasakan sudah tidak memadai lagi.

Bahkan saat air pasang tinggi dan hujan deras kantor perwakilan rakyat ini menjadi langganan kebanjiran. “Semoga enambahan gedung DPRD Banjarmasin ini, lebih meningkatkan kinerja anggota dewan dalam mengemban amanah dan memperjuangkan aspirasi masyarakat,” ucapnya.

Penambahan Gedung DPRD Banjarmasin didesain dengan mengusung konsep rumah adat Banjar Bubungan Tinggi berlantai tiga.

Lantai satu dibangun basement atau tempat parkir. Lantai kedua ruang komisi dan anggota. Sementara lantai tiga untuk ruang rapat dan pimpinan.

Proyek penambahan gedung baru DPRD Kota Banjarmasin ini langsung ditangani DPUPR Kota Banjarmasin.

Sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.