Puluhan Armada BPK/PMK Swakarsa Kota Banjarmasin di Uji Kelayakan

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan pengecekan armada BPK/PMK Swakarsa Kota Banjarmasin.Muhammad Fudail (kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com– Demi keselamatan pengendara Armada BPK/PMK Swakarsa Kota Banjarmasin maupun masyarakat, Dinas perhubungan (Dishub) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjarmasin melakukan pengecekan dan uji kelayakan puluhan armada.

Pengecekan puluhan armada BPK/PMK Swakarsa Kota Banjarmasin itu di laksanakan Lapangan Kamboja, Jalan H Anang Adenansi, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Rabu (06/07/22).

Bacaan Lainnya

Analis Kebijakan Ahli Muda di Dishub Banjarmasin, Joko Siswanto mengatakan, dari hasil pengecekan armada roda empat BPK ini beberapa yang perlu diperbaiki.

“Dari total 32 armada yang dites, setidaknya ada satu hingga lima armada yang mendapat catatan,” ujar Joko, kepada wartawan.

Menurutnya pengecekan tersebut mulai dari fungsi pengereman, lampu-lampu alias kelistrikan, klakson, sweeper, klakson, hingga speedometer.

“Khususnya soal pengereman dan kelistrikan. Misalnya, remnya kurang pakem dan lampu yang tidak menyala,” ungkapnya.

Kegiatan itu jelasnya, berkaitan dengan rencana gelaran pelatihan safety driving pada 24 Juli mendatang. Yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sopir armada BPK/PMK Swakarsa dalam meningkatkan keselamatan mengemudi di jalan raya. Khususnya, di saat hendak memadamkan musibah kebakaran.

“Beberapa kali peristiwa tabrakan yang melibatkan relawan pemadam kebakaran dan pengguna jalan, menjadi kabar yang tidak sedap. Ini menjadi upaya pemko untuk menekan terjadinya peristiwa serupa,” ucap Kepala Bidang Pencegahan di DPKP Banjarmasin, Marliansyah.

Sementara, uji jalan dan pelatihan safety driving ini digelar bertahap. Tahap pertama, diikuti setidaknya sebanyak 100 sopir BPK/PMK Swakarsa di Banjarmasin, dan 24 sopir perwakilan Kabupaten/Kota di Kalsel.

Namun, untuk pengecekan ini terlebih dahulu setidaknya ada dua kecamatan. Yakni Kecamatan Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Utara.

Sementara itu, Ketua Umum IMI Kalsel, Edy Sudarmadi melalui Kabid Mobility, H Muhammad Arif mengungkapkan, bahwa untuk regulasi yang mengikuti semuanya dilakukan oleh Dinas damkar.

“Pengecekan ini tentunya menghindari musibah kecelakaan saat di jalan,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait