Sejak Januari, DPKP catat 62 Kebakaran di Banjarmasin

Pemadam kebakaran Banjarmasin melakukan proses pemadaman disalah satu rumah warga. (Dokumentasi Kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Hingga Juni 2022 sudah terdata sekitar 62 kejadian kebakaran di Banjarmasin. Data tersebut dihimpun oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau DPKP kota Banjarmasin.

Sebagian besar, kejadian tersebut terdata di kawasan Banjarmasin Selatan, atau wilayah yang cukup padat penduduk. Sedangkan jumlah kejadian kebakaran terbanyak terjadi pada Mei kemarin, yakni sebanyak 16 kali.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Damkar, Budi Setiawan mengatakan, bahwa untuk Bulan Juni ini puluhan rumah terbakar di seluruh Kecamatan di Banjarmasin dan kawasan Banjarmasin Selatan masih merupakan kawasan yang terbanyak terjadinya kebakaran.

“Dikawasan tersebutkan merupakan kawasan yang paling banyak penduduknya, dan kita tau kawasan disitu rumah warga sangat rapat juga sebagian besar rumahnya terbuat dari kayu,” ujar Budi Setiawan, Minggu (03/07/22).

Budi Setiawan juga menjelaskan dari bulan Januari sebanyak 13 kejadian kebakaran, bulan Februari sebanyak 14 kejadian kebakaran, bulan Maret sebanyak 2 kejadian kebakaran, bulan April sebanyak 7 kejadian kebakaran, bulan Mei sebanyak 16 kejadian kebakaran dan bulan Juni sebanyak 10 kejadian kebakaran.

Sedangkan untuk kawasan yang paling sering terjadi kebakaran yakni Kecamatan Banjarmasin Selatan sebanyak 16 kali, Kecamatan Banjarmasin Barat sebanyak 5 kali, Kecamatan Banjarmasin Utara sebanyak 9 kali, Kecamatan Banjarmasin Tengah sebanyak 13 kali, dan Kecamatan Banjarmasin Timur sebanyak 4 kali.

“70 persen kebakaran yang ada di Banjarmasin, terjadi akibat arus pendek listrik atau korsleting,” ungkapnya.

Pihaknya hingga sampai saat ini terus melakukan sosialisasi terhadap warga agar memperhatikan dan memperbaiki instalasi listrik di rumahnya masing-masing.

“Kadang kala pemakaian kabel yang tidak standar dengan ketentuan PLN, sehingga panas dan terbakar,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.