Pemda dan BUMN Diminta Bantu Perbaiki Instalasi Listrik Berusia Uzur

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Saut Nathan Samosir berbincang bersama warga yang rumahnya terkena musibah kebakaran.(ist) Anas Aliando(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Kebakaran permukiman di Kota Banjarmasin kerap terjadi. Musababnya kebanyakan dari hubungan arus pendek listrik dan keteledoran warga yang abai terhadap instalasi yang berusia uzur.

Fenomena ini menjadi perhatian serius berbagai pihak, salahsatunya dari Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Saut Nathan Samosir.

Bacaan Lainnya

Warga diperingatkan agar jangan abai dengan instalasi listrik yang sudah belasan tahun tidak diganti. Termasuk juga jangan menambah colokan listrik secara berlebihan yang mengakibatkan terminal listrik memuai dan menimbulkan percikan api.

“Perhatikan instalasi listrik di rumah kita masing-masing. Kalau sudah tua, segera diganti. Colokan juga jangan berlebihan melebihi kapasitas yang telah ditentukan,” pesan Saut Nathan Samosir kepada warga saat meninjau lokasi kebakaran di Gang Purnawirawan, RT 15, RW 1, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Jumat (1/7) petang.

Ia juga meminta perhatian pihak pemerintah kota dan BUMN untuk bisa membantu masyarakat yang tidak mampu dalam mengganti instalasi listrik yang sudah berumur.

“Saya berharap pemerintah daerah dan BUMN bisa ada solusi terkait hal ini. Salah satunya bisa dengan memberikan bantuan pergantian instalasi listrik bagi warga pra sejahtera untuk mengurangi resiko kebakaran di Kota Banjarmasin,” tegasnya.

Sebelum beranjak dari lokasi kebakaran, Saut Nathan Samosir didampingi istrinya, Roida Simanjorang memberikan bantuan berupa uang kepada warga yang rumahnya ditimpa musibah kebakaran.

“Jangan dilihat dari jumlahnya. Ini semata – mata bentuk kepedulian kami kepada warga. Semoga bisa sedikit membantu,” ujar Owner Ekspedisi Lintas Jawa Group itu.

Ketua RT 15, Kelurahan Pelambuan,
Suhartono menjelaskan, sebanyak 5 buah rumah yang dihuni 20 jiwa terbakar pada tanggal 28 Juni 2022 sekitar pukul 12.30 Wita.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait