Bank Kalsel Diminta Perangi Pinjol Ilegal di Banua

Ketua OJK Regional 9 Kalimantan, Riza Aulia Ibrahim (kiri) bersama Dirut Bank Kalsel, Hanawijaya dalam kegiatan bincang media Rabu petang.(anas aliando)(kalselpos.com)

Banjarmasin, kalselpos.com – Pinjaman online (Pinjol) ilegal di Kalsel peminatnya masih marak. Masyarakat kepincut Pinjol karena prosesnya tidak ribet dan tidak perlu tatap muka cukup lewat aplikasi di smartphone pinjaman sudah cair.

Fenomena ini menjadi perhatian serius Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 9 Kalimantan, Riza Aulia Ibrahim. Dia meminta perbankan terkhusus Bank Kalsel untuk ikut memerangi Pinjol di Banua.

Bacaan Lainnya

“Bank Kalsel kita harapkan bisa ikut memerangi Pinjol ilegal dengan cara mengembangkan program serupa agar bisa mengambil pasar mereka,” ujar Riza kepada awak media dalam acara bincang media bertempat di salah satu cafe ternama di Kota Banjarmasin, Rabu (29/6).

Upaya tersebut, beber Riza memang tidak lah mudah, karena perbankan memiliki aturan main yang sangat ketat dalam memberikan pinjaman kepada nasabah.

Namun Riza meyakini, itu dapat dilakukan, paling tidak perbankan daerah bisa memotong proses birokrasi peminjaman sehingga masyarakat mudah dalam mengaksesnya.

 

“Jiika ini bisa dilakukan, masyarakat tidak perlu lagi harus mencari dana segar untuk berbagai keperluannya melalui Pinjol ilegal sehingga kerugian masyarakat bisa ditekan,” tegasnya.

Direktur Utama Bank Kalsel, Hana Wijaya berkomitmen untuk terus menyediakan layanan terbaik kepada nasabahnya, khususnya dalam hal pemberian kredit.

Bank Kalsel, beber Hanawijaya, sudah mulai melakukan hal tersebut kepada nasabah setia Bank Kalsel terlebih dahulu dengan memangkas berbagai birokrasi melalui pengembangan teknologi digital yang sedang dilakukan Bank Kalsel.

“Arahnya kita memang ingin menyediakan layanan kredit yang mudah dan cepat kepada nasabah. Untuk mencapai itu kita kuatkan dahulu pondasinya melalui pengembangan teknologi hingga data base yang kuat,” bebernya.

Jika ini bisa dilakukan, Hana berkeinginan untuk menyediakan layanan kredit mudah dan cepat kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Banua.

“Itu semata-mata kita lakukan agar kita bisa mendorong UMKM di Banua naik kelas. Kalau naik kelas pertumbuhan ekonomi juga bisa ikut bangkit,” tutupnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.