Zainal Hakim : “Pemerintah Wajib dukung pengembangan Ekonomi Kreatif”

Zainal Hakim(Aspihan Zain (kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Saat ini DPRD Banjarmasin bersama Pemerintah kota setempat sedang merancang sebuah regulasi terkait pengembangan ekonomi kreatif, agar mampu bersaing seperti daerah lain di Indonesia.

“Sebab Ekonomi Kreatif menjadi salah satu faktor penting peningkatan ekonomi masyarakat, tak terkecuali di Banjarmasin,” ujar Ketua Pansus Raperda pengembangan Ekonomi Kreatif Zainal Hakim ST, kepada wartawan, Kamis (23/6).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dengan Perda itu nantinya diyakini akan mampu mempercepat pengembangan ekonomi kreatif di Banjarmasin.

Sebab, ada beberapa kewajiban pemerintah sesuai amanat Undang-Undang yang harus dilaksanakan diantaranya pembinaan, perlindungan, dan pemasaran bagi sektor ekonomi kreatif.

“Makanya sangat penting membuat regulasinya. Kita ingin ekonomi kreatif ini berkembang pesat di seperti daerah lain,” ungkapnya.

Kemudian jelasnya, ada beberapa item atau poin yang sudah masuk dalam sektor ekonomi kreatif seperti aplikasi, game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film animasi video, fotografi, kriya, kuliner, musik, fesyen, penerbitan, periklanan, televisi dan radio, seni pertunjukan, dan seni rupa.

“Dari sejumlah item ekonomi kreatif itu, ada banyak yang masih belum dikembangkan dan ini yang menjadi kewajiban pemerintah,” tegasnya.

Disisi lain terangnya, di era digitalisasi seperti saat ini, sangat penting bagi masyarakat untuk meningkatkan sumber daya manusia, khususnya yang mendukung ekonomi kreatif, untuk menambah perekonomian warga.

“Ada banyak peluang ekonomi yang bisa menambah perekonomian warga. Itu tugas pemerintah mendorong pertumbuhan di sektor ekonomi kreatif ini,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait