Bedah Rumah Milik Johanes Pandu, Pemdes Hidayah Makmur Gandeng PSHT dan Banser

Kondisi rumah milik Johanes Pandu warga Jalan Damai Gang Kerinci Tanbu sebelum menerima progran bedah rumah.(kristiawan) (kalselpos.com)

Batulicin, kalselpos.com -Progran bantuan Bedah Rumah yang dilaksanakan
Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), melalui Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan setempat mulai dikerjakan.

 

Bacaan Lainnya
Warga Desa Hidayah Makmur dan PSHT Simpang Empat, Cabang Tanbu secara swadaya melakukan bedah rumah rumah milik Johanes Pandu.(kristiawan)(kalselpos.com)

Johanes Pandu (60) warga Jalan Damai, Gang Kelinci, Desa Persiapan Hidayah Makmur pemekaran dari Desa Barokah Kecamatan Simpang Empat, yang
menerima bantuan bedah rumah.

Pria asli Toraja, Sulawesi Selatan mengaku sudah lebih dari 5 tahun, bersama 2 anak kandung menempati pondok kecil berukuran 1,5 m x 2 m.

Dia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan kelompok masyarakat yang terlibat dalam membantu mengerjakan bedah rumahnya.

“Mudah-mudahan semua amal kebaikan saudara-saudara semua akan mendapatkan balasan dari Tuhan Yang Maha Esa,” tuturnya kepada kalselpos.com, Minggu (26/6/2022).

Terpisah, Rudi Hartono SH selaku Sekretaris Desa Hidayah Makmur mengatakan, pada hari ini proses pengerjaan bedah rumah milik warga atas nama Yohanes Pandu mulai dikerjakan.

“Kami menggandeng ormas Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Ranting Simpang Empat, Banser, komunitas seni bela diri Cempaka Putih (CP) dan warga Desa Hidayat Makmur,” terangnya.

Ia menjelaskan, mengingat anggaran hibah yang tersedia dari pemerintah hanya Rp19.600.000, maka untuk biaya tukang dilaksanakan secara swadaya dalam pengerjaan bedah rumah milik warga tersebut.

“Kita ketahui rumah milik yang bersangkutan sangat kecil hanya berukuran 1,50 m x 2 m dengan bangunan papan kayu dan dihuni bersama 2 anaknya,” ungkapnya.

Rudi juga menjelaskan, dari anggaran Rp19.600.000 tersebut termasuk pemasangan listrik dan bahan bangunannya. “Untuk tanahnya merupakan hibah dari masyarakat dan tenaga tukangnya swadaya masyarakat,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Ranting PSHT Simpang Empat Cabang Tanbu Darmanto mengatakan, PSHT Simpang Empat menurunkan 12 anggotanya untuk membantu pembangunan rumah milik Johanes Pandu dengan ukuran 4 m x 6 m.

“Insya Allah hari berikutnya ormas Banser Simpang Empat, CP Simpang Empat dan masyarakat setempat akan turut serta membantu. Ya, mudah-mudahan 15-20 hari ke depan akan selesai pengerjaannya,” kata Darmanto.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.