Retribusi Tenaga Kerja Asing dirancang 100 USD Pertahun

Gusti Yasni Iqbal.Aspihan Zain (kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Retribusi Tenaga Kerja Asing di Banjarmasin, yang sedang dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) DPRD Banjarmasin disebut akan menentukan besaran retribusi tersebut sekitar 100 USD pertahun.

“Dalam Raperda ini, untuk tenaga kerja asing yang bekerja di Banjarmasin, akan dikenakan retribusi sebesar 100 USD per tahun” ujar Ketua Pansus Raperda Retribusi Tenaga Kerja Asing, Gusti Yasni Iqbal, kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, saat ini jumlah tenaga kerja asing di Banjarmasin masih tergolong sedikit. Hanya puluhan orang saja. Namun pasti akan bertambah.

Sehingga, untuk melakukan pungutan retribusi diperlukan payung hukum berupa sebuah Perda. Nantinya menjadi acuan bagi tenaga kerja asing di Banjarmasin, untuk membayar retribusi sesuai ketentuan yang sedang dibahas ini.

“Makanya, ini jadi acuan agar ada payung hukum untuk memungut retribusi dan menyumbang bagi PAD bagi Banjarmasin,” ungkapnya.

Sejauh ini bebernya, dibeberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lainnya, pendapatan PAD dari retribusi tenaga kerja asing cukup besar.

“Karena itu, kita ingin agar potensi ini juga bisa memberikan hasil dan menyumbang PAD bagi daerah,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.