Mathari : “Program WUB belum membantu penurunan Angka Kemiskinan”

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Mathari mengomentari keberadaan WUB, yang belum memberikan dampak positif bagi penurunan angka kemiskinan.(ist)Aspihan Zain (kalselpos.com)

BANJARMASIN, kalselpos.com – Program Wira Usaha Baru (WUB) yang digagas oleh Pemerintah Kota Banjarmasin, dinilai masih belum bisa mengatasi persoalan kemiskinan di kota itu.

“Program WUB itu katanya untuk membangkitkan perekonomian warga. Sayang, program ini terkesan hanya gaungnya, karena angka kemiskinan malah bertambah,” ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin Mathari kepada wartawan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, saat mengunjungi Dinas Sosial pada Kamis (2/6/2022) lalu, didapati informasi terkait meningkatnya angka kemiskinan di wilayah itu.

Sehingga, capaian jumlah WUB di Banjarmasin yang sekarang sebanyak 2.500 ribuan, belum memberikan dampak polisitif untuk mengangkat perekonomian warga.

“Ini tidak sebanding dengan jumlah WUB tersebut. Hal ini perlu dipertanyakan dan dievaluasi, sebab program itu sudah berjalan lima tahun,” ungkapnya.

Dikatakannya, sejak dicanangkan oleh Pemko setempat, pertumbuhan WUB tergolong sangat cepat, tetapi sayangnya belum membantu perekonomian masyarakat.

“Seharusnya pertumbuhan WUB ini dapat menekan angka warga miskin,” sebutnya.

Maka ingatnya, tujuan dari WUB perlu kembali dipertanyakan termasuk keberhasilan sejumlah SKPD yang menjadi penggerak peningkatan program itu.

“Kepada SKPD yang mengurus ini, bagaimana pola pembinaan, permodalan dan pemasarannya apakah tepat atau tidak,” ucapnya.

Pihak Komisi IV yakinnya, akan melakukan pertemuan untuk membahas persoalan ini, sehingga mengetahui penyebab detail dan masih beruntungkah nasib WUB hingga saat ini.

“Program ini, harus benar-benar dikelola. Jangan besar gaungnya saja tetapi pembinaan tidak ada,” tandasnya.

Berita lainnya Instal Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait